(SPN News) Serang, tujuan dari organisasi SPN adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan keluarganya serta masyarakat pada umumnya. Dalam hal ini salah satu bentuk kesejahteraan adalah pada bidang pendidikan. Selain mengadakan berbagai pendidikan atau penyuluhan kepada anggota, PSP SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang bekerja sama dengan management juga memberikan penghargaan kepada anak anggota yang berprestasi dalam bentuk beasiswa sekolah. Program ini merupakan amanat dari Konferta VII dan menjadi tanggung jawab dari bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang dipimpin oleh saudari Rustiyani.

Sebagaimana tercantum dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Periode 2015 – 2017 Pasal 82 tentang pemberian beasiswa Untuk Anak Pekerja, dimana perusahaan dan  PSP SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang akan memberikan beasiswa kepada anak yang syah dari pekerja yang memiliki prestasi memuaskan disekolahnya dari tingkat SD, SMP, SLTA yang mendapat rangking 1 s/d 3 dan Perguruan tinggi dengan persyaratan IPK minimal 3.0.

Besarnya dana bea siswa yang diberikan tiap periode penerimaan raport adalah Kelas 1 – 6 SD sebesar Rp 300.000,-, kelas 1 – 3 SLTP sebesar Rp 450.000,-,  kelas 1 – 3 SLTA sebesar Rp 650.000,-  dan D3/S1 sebesar Rp 1.000.000,-.

Pada hari Sabtu, tanggal 12 November 2016 dilaksanakan ceremonial pembagian beasiswa yang bertempat di ruang Perpustakaan lantai 2 PT Nikomas Gemilang yang di hadiri oleh seluruh perwakilan management masing-masing pabrik dari IY Nike, Adidas, Saucony (S5), PT SPI Pusat, PGT (Puma, Asics, B0LH), Ka Yuen dan Yin Hua. Dengan jumlah penerima beasiswa pada semester ini sebanyak 64 anak anggota.

Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan MC Mas Yanto dari SD Pusat. Diawali dengan sambutan dari Management dalam hal ini diwakili oleh Bapak Gatot. Beliau menyampaikan bahwa pemberian beasiswa kali ini berbeda dengan yang sebelumnya, yaitu pemberian bea siswa menggunakan sistem transfer langsung ke rekening anggota seminggu sebelum acara ceremonial. Namun acara ini tetap dilangsungkan karena yang terpenting adalah tatap muka dan komunikasi antar pekerja, SPN dan management.

Selanjutnya sambutan dari ketua PSP SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang bapak Asep Saepulloh SH. MM yang menyampaikan bahwa pemberian beasiswa berbeda sesuai dengan tingkatan pendidikannya. Periode ke dua pemberian beasiswa tahun 2016 ini merupakan hak dari pada anggota yang mana untuk seleksi telah dilakukan oleh masing-masing personalia pabrik. Beliau juga berharap mudah-mudahan karyawan lebih semangat dalam penciptaan mutu untuk menjaga  atau terhindar dari imbas efisiensi yang terjadi di PT Nikomas Gemilang. Dan berkenaan dengan pengupahan 2017 yang sudah di kunci oleh Presiden RI menggunakan PP 78 tahun 2015, namun SPN akan terus berusaha untuk audiensi dengan Bupati. Mudah-mudahan kerja sama yang dilakukan oleh SPN dan Management dapat memberikan manfaat untuk anggota.

Selanjutnya pembagian beasiswa anak secara simbolis dan penyerahan peralatan sekolah dari  PSP SPN Kawasan Industri PT Nikomas Gemilang dan management, serta dilanjutkan dengan foto bersama. Acara ditutup dengan doa penutup, dan pesan agar memberikan motivasi kepada anak pekerja untuk terus belajar untuk menggapai cita-citanya.

 

Baca juga:  SP/SB DI KABUPATEN MOROWALI MEMBAHAS PENANGGULANGAN COVID - 19 DENGAN BUPATI

Mumun/Coed