​Target pertumbuhan ekspor PTP provinsi Jawa Tengah 2% sebagai upaya untuk mengejar target pertumbuhan ekspor 2020 sebesar 5%

(SPN News) Solo,  Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Provinsi Jateng menargetkan target ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) sebesar 2 %  di 2018. Ketua API Provinsi Jawa Tengah Liliek Setiawan mengatakan pada umumnya kegiatan ekspor akan menciptakan lapangan kerja, karena apabila pasar produk semakin luas, maka kegiatan produksi akan semakin meningkat.

“Target tahun ini juga untuk mengejar target tahun 2020 sebesar 5 persen,” terangnya.
Liliek mengatakan saat ini eksistensi ekspor di Jawa Tengah dapat mengcover setidaknya sekitar 3 juta tenaga kerja produktif. Dari jumlah 3 juta tersebut dapat dikatakan 18 % dari total tenaga kerja produktif di Jawa Tengah.

Baca juga:  WASPADAI LEDAKAN PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN

“Untuk target 2 % di 2018 kira-kira dapat mengcover sekitar 6 juta tenaga kerja produktif,” tuturnya. Dan di target 2018 ini, harapannya dapat lebih menciptakan lapangan pekerjaan. Semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan maka lapangan kerja akan semakin luas.
Di samping itu kita juga tahu bahwa ekspor sangat bermanfaat bagi sumber devisa negara yang juga berpengaruh bagi kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu produk TPT dalam negeri ini harus terus ditingkatkan mutu dan kualitas barangnya, agar nilai ekspor semakin tinggi, dan efeknya lapangan pekerjaan semakin terbuka lebar,” tutupnya.

Shanto dikutip dari Tribun solo/Editor