154 pekerja hanya menerima total 1,8 Miliar dari seharusnya yang berjumlah 18 Miliar

(SPN News) Tangerang, (23/05/2020) Sejak tutup operasional pada 27 April 2020, vendor Astra Honda Motor (AHM) menyatakan diri tutup secara permanen, hal tersebut disampaikan kuasa hukum PT Auto Cipta Casting (ACC) kepada Pengurus Serikatnya.

“Kemarin dinyatakan oleh pihak Management ACC sejak tgl 27 April 2020.” Kata Budi Hartono, Ketua PSP SPN PT ACC.

Dari informasi yang diterima, hak pekerja atas ditutupnya pabrik tersebut, akan dibayar dibawah aturan ketentuan ketenagakerjaan dari yang seharusnya diterima oleh para pekerja. Menurut Budi, total kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang sudah dihitung melalui konsolidasi dan koordinasi dengan pihak DPC SPN Kabupaten Tangerang jumlahnya diatas 10 Milyar.

Baca juga:  RAPAT KERJA ANGGOTA II PSP SPN PT CINJOE JAYA PERKASA MUDA

“Iya, kalau hitungan itu kita juga sudah ngitung, bahkan mencapai 18 Milyar,” tambahnya.

Budi menjelaskan, Kompensasi gelondongan 1.8 M diterimanya karena melihat dari pandangan berbagai kawan-kawannya yang sudah berpengalaman dan juga para hukum yang dia kenal. Menurutnya, hasilnya sebaik apapun di pengadilan tetap merugikan buruh. Sementara proses dan perjalanannya sangat panjang, dan tidak ternilai tenaga dan waktu sudah dikeluarkan dibandingkan hasilnya.

Selain itu, Budi menegaskan bahwa kompensasi PHK diambil karena setelah berkoordinasi dengan DPC SPN Kabupaten Tangerang, pihak DPC menjanjikan menagih kekurangan kompensasi PHK anggotanya ke AHM Cikarang, Bekasi.

SN 01/Editor