UPAH BURUH NIKE APPAREL TIDAK SEBANDING HARGA JERSEYNYA

UPAH BURUH NIKE APPAREL TIDAK SEBANDING HARGA JERSEYNYA

Harga jersey replika Nike di Piala Dunia Rusia sekitar 5.999 rubel (Rp 1,358 juta) dan harga 10.000 rubel (Rp 2,26 juta) untuk jersey orisinil, sedangkan upah buruh yang mengerjakannya adalah Rp 2,3 juta/bulan

(SPN News) Jakarta, berdasarkan temuan jersey tim peserta yang disokong Nike Apparel Piala Dunia 2018 Rusia adalah hasil produksi garmen Indonesia, yaitu PT Grand Best Indonesia yang berlokasi di Semarang.

Menurut penulusuran di gerai Nike di pusat kota Moskow, Rusia, tepatnya di Okthony Road, jersey-jersey tim nasional peserta Piala Dunia 2018 pun memunculkan tulisan Made In Indonesia. Ada empat jersey timnas yang dijadikan jualan utama gerai empat lantai itu, yakni Inggris, Brasil, Portugal, dan Prancis. Tulisan Made In Indonesia serta-merta terpampang jelas di bawah kerah bagian belakang.

Bahkan untuk jersey orisinil, atau biasa disebut Player Issued (digunakan para pemain), juga menggunakan produksi ini. Tak cuma jersey, ada juga beberapa pernak-pernik lain seperti jaket timnas Inggris.

Dari informasi yang dihimpun, Indonesia merupakan salah satu pabrik favorit Nike untuk membuat jersey-jersey yang akan disebarluaskan ke seluruh dunia. Adapun harga dari jersey-jersey tersebut adalah sekitar 5.999 rubel (Rp 1,358 juta) dan harga 10.000 rubel (Rp 2,26 juta) untuk jersey orisinil.

Tentu saja kalau kita melihat harga tersebut sungguh berbanding terbalik dengan upah buruh yang berada di PT Grand Best Semarang yang UMKnya hanya sekitar Rp 2,3 juta/bulan. Dengan hanya menjual 1 jersey orsinil dan 2 jersey replika maka Nike sudah dapat membayar upah seorang buruh di PT Grand Best untuk satu bulan.

Shanto dari berbagai sumber/Editor

HITUNG MUNDUR KONGRES VII SPN

Kongres SPN Ke-7 7 Januari 2019 "Pilihan Anda menentukan masa depan SPN" #SerikatPekerjaNasional #SPNNews #BerserikatItuKeren #KitaKerenKarenaSPN

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip