TIPS MUDIK SEHAT dan AMAN

TIPS MUDIK SEHAT dan AMAN

Hari Raya Idul Fitri atau di Indonesia lebih popular dengan sebutan hari Lebaran sudah tinggal menghitung hari. Banyak dari kita yang sekarang ini sedang sibuk mempersiapkan diri untuk melaksanakan tradisi Lebaran yaitu mudik atau pulang kampung. Berikut ini beberapa tips  yang perlu dilakukan apabila kita akan melakukan mudik/pulang kampung :

  1. Persiapkan diri anda baik secara fisik maupun psikologis, sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologis anda juga lelah.
  2. Periksa kesehatan anda terlebih dahulu, terutama jika anda memiliki riwayat sakit tertentu dan jangan lupa membawa persediaan obat-obatan.
  3. Siapkan makanan dan minuman terutama untuk anak-anak dibawah lima tahun. Sebaiknya jangan membeli makanan dipinggir jalan.
  4. Siapkan peta mudik dan pastikan peta mudik anda diperbaharui, gunakan alat bantu seperti GPS jika diperlukan
  5. Siapkan alat komunikasi seperti handphone dan harus dalam kondisi online untuk memudahkan anda dalam melakukan panggilan. Jangan lupa membawa charger atau power bank.
  6. Jika memerlukan pertolongan medis, gunakan posko-posko kesehatan yang disediakan oleh pemerintah disepanjang arus mudik.
  7. Jangan mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk karena sangat berbahaya. Istirahatlah secara periodic untuk mengatasi lelah dan mengantuk.
  8. Jika stamina menurun, jangan memaksakan diri apalagi dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat.
  9. Periksa kondisi kendaraan dan pastikan dalam kondisi prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, accu dan kelistrikan. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan.
  10. Setelah tiba ditujuan, pastikan anda beristirahat dengan cukup sebelum melakukan silahturahmi berkeliling rumah untuk menemui sanak family.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan agar mudik anda lebih aman sehingga anda sampai tempat tujuan dengan selamat.

Shanto dari beberapa sumber/ Coed

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip

Kolom Iklan