Salah satu acara dalam pelaksanaan kongres VII SPN adalah sosialisasi dan seminar

(SPN News) Jakarta, dalam pelaksanaan Kongres VII SPN dilaksanakan pula sosialisasi keagenan Perisai (Penggerak Jaminan Sosial) yang disampaikan oleh Sita Sembiring dari BPJS Ketenagakerjaan dan seminar menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang disampaikan Lusi dari ILO dan Bambang Riznanto Kepala Bidang Pengkajian Penetapan Teknologi Industri Puslitbang Teknologi Industri dan Kekayaan Intelektual Badan Litbang Industri Kementrian Perindustrian.

Sita Sihombing mengatakan salah satu faktor yang mendukung peningkatan kepesertaan pada pekerja segmen Bukan Penerima Upah (BPU) adalah dengan munculnya inisiatif agen Penggerak Jaminan Sosial (Perisai). Inisiatif ini merupakan program keagenan dengan memberdayakan masyarakat, disadur dari Sharoushi yang sukses diterapkan di Jepang dalam akuisisi jaminan sosial dari pemerintah kepada seluruh masyarakat. Kepesertaan yang digaet oleh Perisai mencapai 530 ribu orang dari 3.700 agen aktif.

Baca juga:  MK MENOLAK PERMOHONAN UJI MATERI PASAL 167 AYAT 3 UU NO 13/2003

Sementara Lusi dan Bambang menyoroti tentang tantangan dan hambatan yang sekiranya muncul dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 mengingat pemerintah  Indonesia baru 2018 ini mencanangkan Revolusi Industri 4.0.

Shanto/Editor