(SPNews) Jakarta, 12 – 14 Mei 2016 Komite Perempuan IndustriALL, menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan khusus untuk pengurus perempuan afiliasi IndustriALL yang ada di Indonesia, di hotel Maxone Jl. Pemuda Rawangun Jakarta Timur. Pelatihan diikuti oleh 30 orang peserta dari 5 afiliasi, di mana 8 orang peserta adalah Perwakilan KP SPN dari Jawa Barat, DKI Jakarta dan Bantan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pengurus perempuan tentang pemimpin dan kepemimpinan khususnya management kepemimpinan Serikat Pekerja, sehingga peserta bisa ke depan mereka bisa mempunyai kapasitas untuk menjadi salah satu pemimpin Serikat Pekerja pada masa yang akan datang.

Adapun materi-materi yang disampaikan selama pelatihan 3 (tiga) hari ini, adalah Pemimpin dan Kepemimpinan Perempuan,  Komunikasi Efektif Dalam Serikat Pekerja, Kesempatan dan Kesetaraan dalam Kepemimpinan, Kesehatan dan Perlindungan Reproduksi bagi pekerja/buruh perempuan. Dan rencananya diakhir pelatihan semua peserta akan membuat Rencana Kerja Tindaklanjut yang akan mereka (peserta) lakukan setelah kembali ke tempat kerja mereka masing-masing. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan method partisipatif, di mana setiap sesi selalu melibatkan semua peserta, di mana semua fasilitator selalu mengawali pendapat peserta tentang materi yang akan disampaikan, dengan berbagai tehnik.

Sementara itu, yang menjadi fasilitator dalam pelatihan ini adalah para Anggota dan Pengurus Komite Perempuan IndustriALL Indonesia yaitu, Darlina Sihombing yang juga salah satu ketua DPP SPN, Seri Mangunah Ketua Komite Perempuan IndustriALL juga salah satu Pengurus SPA FSPMI, Ngatiyem (Mbak Lek) Anggota Komite Perempuan IndustriALL, Sri Hati sebagai Anggota Komite Perempuan IndustriALL juga salah satu pengurus DPP F SP FARKES Reformasi dan Endang selaku sekretaris Komite Perempuan IndustriALL juga sebagai salah satu pengurus Perempuan di DPP F SPKEP.

Yanti salah satu yang berasal dari F SPKEP “ini adalah pertama kali saya mengikuti pelatihan khusus perempuan dan saya senang sekali karena sekarang termotivasi untuk lebih memahami tentang kepemimpinan Serikat Pekerja. Saya juga merasa nyaman, walaupun baru sekali ngikut saya tidak merasa minder karena fasilitatornya bisa membuat suasana keakraban sehingga saya merasa nyaman.  Saya berharap IndustriALL bisa sering melakukan pelatihan seperti ini”

Pelatihan ini juga dihadiri oleh, Indah Saptorini dan Atun selaku Project Koordinator program-program IndustriALL yang ada di Indonesia.

Baca juga:  KEPEDULIAN PADA KORBAN BENCANA BANJIR CIREBON TERUS MENGALIR