(SPN News) Serang, kebebasan berserikat sudah diatur dalam undang-undang nomor 21 tahun 2000, bahwa setiap pekerja berhak untuk membentuk suatu organisasi serikat pekerja. Dalam hal ini PT Aneka Baja Perkasa Industri (ABA)  yang beralamat di Jalan Modern Industri XV/ Blok AE No 1B kawasan Industri Cikande, Serang, Banten yang sebelumnya belum ada serikat pekerja, memutuskan untuk bergabung dengan SPN dalam hal ini DPC SPN Kabupaten Serang.

Melalui Surat Keputusan Nomor : Kep.org-0715/DPC-SPN/SRG/X/2016 tentang pengukuhan susunan pengurus Pimpinan Serikat Pekerja Serikat Pekerja Nasional PT Aneka Baja Perkasa Industri (ABA) yang berjumlah 13 orang dengan ketua bung Sahroni. Yang unik disini bahwa kepengurusan di PSP SPN PT Aneka Baja Perkasa Industri (ABA) menggambarkan kebhinekaan, terbukti dengan pengurus yang menjabat sebagai sekretaris merupakan karyawan dari etnis Tionghoa yang bernama Alphin Chen S Kom.

Baca juga:  BURUH PABRIK TEKSTIL DI JAWA BARAT DALAM BAYANG - BAYANG PHK

Sehubungan dengan masih kurangnya pengetahuan tentang organisasi pekerja khususnya SPN maka pada hari Sabtu, tanggal 05 November 2016 dilaksanakan Pendidikan Organisasi Dasar untuk anggota PSP SPN PT ABA yang bertempat di Sekretariat DPC  SPN Kabupaten Serang yang beralamat di Jalan Raya Jakarta Serang Km 90 Desa Sentul Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang.

Pendidikan dimulai pada pukul 15.00 WIB, di buka oleh bung Esman dengan pemateri Ketua DPC SPN Kabupaten Serang bapak Asep Saepulloh SH. MM. Beliau menyampaikan tentang pentingnya berorganisasi atau berserikat, tujuan dibentuknya SPN, peran dan fungsi organisasi SPN, serta beberapa keluh kesah yang disampaikan oleh anggota dari PT Aneka Baja Perkasa Industri (ABA) mengenai permasalahan yang ada di internal PT Aneka Baja Perkasa Industri (ABA).

Baca juga:  PEMKOT BEKASI AKAN GUGAT UU BPJS KE MK

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pengurus DPC SPN Kabupaten Serang antara lain saudari Rumsilah, bung Masriyadi dan Haerudin yang membantu berlangsungnya acara pendidikan ini. Acara berlangsung kurang lebih selama dua jam dimana antusias dari peserta yang cukup aktif berinteraksi dengan trainer mengenai permasalahan berorganisasi.

Dari pendidikan ini diharapkan menambah semangat dari PSP baru untuk lebih mengembangkan organisasi SPN di dunia ketenagakerjaan dan mengurangi permasalahan permasalahan ketenagakerjaan di kabupaten Serang, khususnya di PT Aneka Baja Perkasa Industri (ABA). Dan acara pun ditutup pukul 17.00 WIB.

 

Mumun/Coed