(SPNEWS) Bogor, 28/10/2023. Pimpinan Serikat Pekerja Serikat Pekerja Nasional (PSP SPN) PT Acryl Textile Mills (ACTEM) Kota Tangerang menyelenggarakan Rapat Kerja Anggota (RAKERTA) Ke-1 di Villa Himalaya puncak, Bogor. Peserta yang hadir dalam Rakerta I dihadiri Perwakilan Anggota, narasumber dan tamu undangan dari perwakilan Managament PT ACTEM.

Di tahun pertama memimpin kepengurusan PSP SPN PT ACTEM, Ketua PSP SPN Tohirudin dan jajaran pengurus lainnya sudah menjalankan program kerja yang sudah disusun dan disepakati pada pelaksanaan Konferensi Anggota (KONFERTA) tahun lalu. Perubahan dan peningkatan pelayanan pun sudah dilakukan dikepengurusan sekarang.

Seperti diketahui, Rapat Kerja Anggota (RAKERTA) merupakan rapat permusyawaratan Serikat Pekerja Nasional (SPN) di tingkat Perusahaan. Kewenangannya untuk Mengevaluasi kegiatan program kerja Serikat Pekerja (SP) selama 1 (satu) tahun, Merencanakan dan menetapkan program kerja SP dan Menetapkan anggaran pendapatan dan belanja organisasi (RAPBO) 1 (satu) tahun kedepan.

Hadir sebagai narasumber dan mewakili atas nama Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kota Tangerang, Nur Iksan mengatakan, jika berbicara Organisasi, ini agenda organisasi yang masuk dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Dimana PSP SPN PT ACTEM dalam AD/ARTnya masih menganut masa jabatan tiga tahun, berarti masa untuk melakukan Rakerta nya 1 dan 2, serta Ke-4 dilakukan Konferensi Anggota (KONFERTA).

Baca juga:  SERIKAT PEKERJA NASIONAL BANTAH KABAR PHK MASSAL DI INDUSTRI TEKSTIL DAN SEPATU

Selain itu, Nur Iksan berpesan kepada PSP SPN PT ACTEM agar bersama-sama bertanggung jawab untuk mendorong perkembangan semangat berorganisasi mencapai tujuan organisasi yang kuat dan memiliki integritas.

“Terimakasih kepada seluruh Panitia, kepengurusan yang pertama ini bisa melakukan Rakerta I dengan tema “Dengan Rakerta Kita Tumbuhkan Semangat Berorganisasi Demi Terwujudnya Organisasi Yang Solid Dan Berintegritas”. Jadi ada semangat dari sini, ini kepengurusan pertama saya, tetep semangat, tanpa semangat tidak akan berjalan semuanya.” Ungkap Tohirudin, Ketua PSP SPN PT ACTEM pada saat memberi sambutan.

Lanjut Ketua PSP SPN PT ACTEM menegaskan bahwa kinerja di Serikat Pekerja adalah bekerja sosial, tanpa kerja sosial, tidak akan terlaksana program kerja. Lebih lanjut, Tohirudin berharap kepada peserta delegasi yang hadir mengikuti semua schedule yang sudah ditetapkan sampai rangkaian pelaksanaan Rakerta kesatu selesai dilaksanakan.

Baca juga:  TAPERA BEROPERASI AWAL 2021

“Saya mohon maaf, apabila ada rencana kerja yang belum berjalan, mudah-mudahan di tahun kedua bisa dijalankan, saya yakin, dalam berorganisasi banyak kekurangan, tidak ada sesuatu langsung merasa puas, dan kami sebagai pengurus tidak bisa memberikan kepuasan baik dari teman-teman perwakilan dan anggota juga.” Tambahnya.

Dari hasil Sidang Komisi satu dan dua, diperoleh rekomendasi program kerja dari 4 bidang kepengurusan. diantaranya bidang kesekretariatan, organisasi dan pendidikan, advokasi dan pembelaan dan bidang kesejahteraan karyawan.

Sedangkan untuk Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Organisasi (RAPBO) satu tahun ke depan, ada beberapa kegiatan yang nilainya ditambahkan dan dikurangi disesuaikan dengan kebutuhan organisasi satu tahun ke depan.

SN 01/Editor