Data 1 juta pekerja telah selesai diverifikasi

(SPNEWS) Jakarta, Proses administrasi keuangan telah rampung, penyaluran bantuan subsidi gaji/upah (BSU) akan segera disalurkan dalam waktu dekat.

Kabar ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi (8/8/2021).

Ia mengatakan bahwa proses administrasi keuangan yang dilakukan Kemnaker dengan kementerian keuangan (Kemenkeu) sudah selesai dengan keluarnya revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

“Alhamdulillah proses administrasi keuangan sudah selesai, dengan keluarnya revisi DIPA,” kata Anwar Sanusi, (8/8/2021).

Sekjen Kemnaker melanjutkan pihaknya saat ini masih melakukan pengecekan data 1 juta calon penerima BSU yang belum lama diterima Kemnaker dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Ini kita sedang mengecheck data 1 juta yang kami terima dari BPJS Ketenagakerjaan. Semoga minggu depan sudah mulai bisa kita salurkan,” kata Anwar.

Baca juga:  JALAN BERLIKU MEMBANGUN SPN DI KALTIM Bagian I

Bantuan yang akan disalurkan sebesar Rp 500 ribu per bulan untuk dua bulan dan akan disalurkan sekaligus sebesar Rp1 juta untuk pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP atau UMK lebih besar dari Rp3,5 juta.

Pada aspek batasan wilayah, pekerja/buruh yang berhak mendapatkan BSU, yaitu pekerja yang bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah sebagaimana dalam Lampiran I Permenaker 16/2021.

Untuk BSU tahun ini diutamakan bagi pekerja/buruh yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan.

Skema penyaluran, khususnya pada rekening penerima BSU, seluruhnya akan disalurkan melalui empat Bank HIMBARA, yakni BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.

Baca juga:  SYARAT DAN KETENTUAN BANTUAN SUBSIDI UPAH 2021

Sekjen Kemnaker tidak menjelaskan lebih rinci kapan bantuan tersebut akan cair, namun ada kemungkinan BSU akan cair dalam beberapa hari ke depan, karena pihaknya masih merapikan data.

“Mudah-mudahan (segera cair), kita lagi merapikan semua,” ungkapnya.

SN 09/Editor