Foto Istimewa

Ridwan Kamil menyatakan bahwa Presiden meminta Gubernur, TNI dan Polri mensosialisasikan UU Cipta Kerja

(SPNEWS) Bandung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) terkait Omnimbus Law UU Cipta Kerja. Koordinasi tersebut dilakukan pria yang akrab disapa Emil ini setelah demo di Gedung Sate.

“Memang bapak presiden melakukan rakor dengan gubernur, istilahnya tidak spesifik ke satu dua gubernur, tapi perintah umum saja bahwa problem yang kita hadapi selama ini adalah komunikasi dan sosialisasi yang belum optimal,” kata Emil usai Rapat Koordinasi di Mapolda Jabar, (12/10/2020).

Dalam rakor bersama Presiden itu, kata Emil, semua elemen termasuk pemerintahan agar segera mendalami poin-poin yang dipersengketakan untuk disosialisasikan.

Baca juga:  MK MENOLAK PERMOHONAN UJI MATERI PASAL 167 AYAT 3 UU NO 13/2003

“Pak presiden memaparkan pasal yang dianggap ada provokasi hoaks, misalkan ya dan aslinya seperti apa,” kata Emil.

“Nah itu, jadi ini perintah umum kepada semuanya. Dan tidak hanya ke elemen gubernur, itu mah perintah umum juga kepada menteri terkait, kepada kepolisian, TNI juga untuk semua melakukan proses sosialisasi,” tambahnya.

Menurutnya, perintah Presiden itu akan diimplementasikan para Gubernur dan elemen lainnya sesuai dengan caranya masing-masing.

“Misalkan saya berencana kalau tidak ada halangan duduk dalam ruangan dengan cara-cara yang sifatnya bisa diskusi. Sesuatu yang tidak sempat karena keburu demo, boro-boro membahas secara substansi gitu kan, yang ada adalah penanganan di lapangan yang cukup banyak dinamika,” ucapnya.

Baca juga:  SPN PERDULI KORBAN BADAI CEMPAKA 

“Nah mungkin dengan sekarang dengan tensi yang lebih turun mari kita diskusikan. Bahkan, pak presiden menyampaikan, kalau tidak puas, memang ada saluran hukum yaitu uji materi ke MK, itu juga dipersilahkan sebagai bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis dan taat hukum,” tambahnya.

SN 09/Editor