Ilustrasi

(SPNEWS) Bandung, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menegaskan, tidak akan mengeluarkan revisi atas putusan terkait Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2024. Dia menyebut itu meski buruh melakukan aksi demonstrasi berjilid-jilid.

”Intinya begini, saya kan penjabat gubernur yang juga ASN. Ada peraturan pemerintah, PP Nomor 51. Jadi saya tidak akan merevisi. Saya akan patuh pada PP 51,” ujar Bey seperti dilansir dari Antara di Bandung.

Menurut dia, status dirinya merupakan aparatur sipil negara (ASN) dan keputusan UMK 2024 melalui Kepgub Nomor 561.7/Kep.804-Kesra/2023 pada 30 November, telah sesuai dengan PP 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan. Sehingga, dia tinggal mematuhi saja.

Baca juga:  DPC SPN JAKARTA UTARA MENYAMBUT KONGRES SPN

Selain itu, lanjut dia, keinginan para serikat pekerja yang meminta untuk mengeluarkan Kepgub terkait upah pekerja di atas satu tahun, juga tidak akan diakomodasi. Sebab, telah ada aturan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) yang mengatur tentang upah berdasar produktivitas dan kebijakan struktur upah.

”Jadi pada teman-teman serikat pekerja, mohon dimengerti bahwa saya tidak akan merevisi (UMK) dan juga tidak akan mengeluarkan keputusan gubernur terkait dengan pekerja di atas satu tahun, karena telah ada landasan hukumnya (Permenaker),” ucap Bey Triadi Machmudin.

Oleh karena itu, Bey Machmudin memastikan ketetapan yang sudah dilakukan Pemprov Jabar tidak akan diubah dan mengikuti regulasi sesuai aturan pemerintah pusat.

Baca juga:  BANTUAN SOSIAL SPN UNTUK ANGGOTA TERDAMPAK COVID - 19 DI BREBES

”Ini sudah dirapatkan di Dewan Pengupahan dan disetujui semua pihak. Jadi, mari kita patuhi bersama,” tutur Bey Triadi Machmudin.

Beberapa kali buruh melakukan aksi unjuk rasa yang menyuarakan penolakan pada ketetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan UMK 2024. Salah satunya hingga menyebabkan arus lalu lintas tersendat bahkan di dalam jalan tol.

Terbaru, para pekerja tersebut menyuarakan aspirasinya pada Rabu (20/12) di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar dan Gedung Sate.

Editor