Kegiatan peringatan Bulan K3 Nasional diadakan di Jakarta dan dipimpin langsung oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.

(SPN News) Jakarta, peringatan bulan K3 diadakan di Istora Senayan pada Selasa (15/1/2019) dengan dipimpin langsung oleh Menaker Hanif Dhakiri. Dalam sambutannya Kemnaker menyampaikan bahwa  angka kecelakaan kerja menunjukkan tren yang meningkat.  Pada tahun 2017 angka kecelakaan kerja yang dilaporkan sebanyak 123.041 kasus, sementara itu sepanjang tahun 2018 mencapai 173.105 kasus. Untuk itu perlu gerakan yang lebih masif tentang kampanye penyadaran pentingnya K3.

Pada kesempatan itu pula,  BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan secara simbolis bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan pada sektor konstruksi yaitu PT Pembangunan Perumahan, PT Waskita Karya, dan PT Wijaya Karya dengan total 450 paket APD yang terdiri dari sepatu boot, helm proyek dan sarung tangan kerja yang langsung diserahkan secara simbolis oleh Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif.

Baca juga:  KAMPANYE MATERNITAS PSP SPN PWI 1

APD tersebut berfungsi sebagai upaya preventif dalam menekan angka kecelakaan kerja di Indonesia pada sektor konstruksi  guna memastikan aktifitas pekerjaan yang dilakukan pekerja sudah memenuhi standar keamanan. Krisna menyampaikan, “bantuan yang kami berikan ini sebagai bentuk partisipasi kami dalam aspek promotif dan preventif untuk menekan angka kecelakaan kerja serta peningkatan  pelayanan kepada para pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang senantiasa kami lindungi dalam pekerjaannya sehari-hari.

Pada kesempatan tersebut, Menaker  M. Hanif Dhakiri dengan didampingi Krishna Syarif juga menyerahkan santunan kecelakaan kerja kepada dua ahli waris dan satu santunan kematian.

Dede Hermawan/Editor