​DPC SPN Jakarta Utara mengadakan pendidikan untuk Komite Perempuan SPN Jakarta Utara tentang maternitas.

(SPN News) Jakarta, bertempat di Kantor Sekretariat, DPC SPN Jakarta Utara pada 16 Desember 2017 menyelenggarakan pendidikan tentang maternitas dan gender. Pendidikan ini diikuti oleh Komite Perempuan SPN Jakarta Utara. Tujuannya agar para pekerja perempuan memahami aturan yang meliputi hak hak perempuan antara lain tentang maternitas dan kesetaraan gender.

Izzah Inzamliyah dari Solidarty Center sebagai  narasumber menyampaikan “apa sih gender itu? banyak dari kita mungkin belum mengerti benar ataupun malah nggak tau apa itu gender. Bahkan ada yang salah kaprah menganggap gender itu makhluk yang tidak perlu ada karena banyak merugikan pihak tertentu. Gender itu berasal dari bahasa latin “GENUS” yang berarti jenis atau tipe. Gender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya. Hikayat pembagian peran menurut Ilmu Sosiologi dan Antropologi, Gender itu sendiri adalah perilaku atau pembagian peran antara laki-laki dan perempuan yang sudah dikonstruksikan atau dibentuk di masyarakat tertentu dan pada masa waktu tertentu pula”.

Baca juga:  SPN JAWA BARAT MENOLAK PENETAPAN UMP JAWA BARAT

Proses pembentukan yang diajarkan secara turun-temurun oleh masyarakat, bahkan lembaga pendidikan yang ada dengan sengaja atau tanpa sengaja memberikan peran (perilaku) yang sehingga membentuk pemikiran bahwa memang demikianlah adanya peran-peran yang harus kita jalankan. Bahkan sebagian masyarakat menganggapnya sebagai kodrat.

Mansur Jakarta 1/Editor