DPC SPN Kota Tangerang bekerja sama dengan Rumah Sakit Melati menyelenggarakan penyuluhan tentang penyakit mata glaukoma dan katarak

(SPN News) Tangerang, (25/7/2018) DPC SPN Kota Tangerang bekerja sama dengan Rumah Sakit Melati Kota Tangerang mengadakan penyuluhan kesehatan dengan tema “Mendeteksi Dini Gejala Awal Glukoma dan Katarak”. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Rumah Sakit melati. Acara ini diikuti oleh perwakilan PSP SPN se-Kota Tangerang.

Dalam sambutannya dr Eltra yang mewakili RS Melati menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan RS Melati atau sering dibilang tour hospital. Sementara itu Ketua DPC SPN Kota Tangerang Aris Purwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa ini adalah program kerja DPC SPN Kota Tangerang dan disambut baik oleh RS Melati untuk menjadi program penyuluhan bulanan.

Baca juga:  TIDAK TAAT ATURAN PERUNDANGAN, PT ALPHA E.M.S JUGA DIDUGA ANTI SERIKAT, ALHASIL PEKERJA MOGOK KERJA

dr Santi Maria yang merupakan dokter spesialis mata menjelaskan tentang Glukoma yaitu jenis gangguan pengelihatan yang ditandai dengan terjadinya kerusakan pada syaraf optik yang biasanya diakibatkan oleh adanya tekanan di dalam mata. Glukoma juga biasa dibilang si pencuri pengelihatan, penyakit yang tidak terasa tapi tiba-tiba buram mendadak dan dapat menimbulkan kebutaan jika tidak segera ditangani. Penanganan jika masih ringan bisa dengan obat tapi kalau sudah berat/tertutup harus segera dilakukan operasi. Gejalanya seperti, Nyeri pada mata, sakit pada mata, mata merah, mual atau muntah, melihat bayangan lingkaran disekeliling cahaya, dan pengelihatan yang makin menyempit hingga tidak dapat melihat sama sekali.

Selanjutnya tentang Katarak, katarak adalah kekeruhan pada lensa mata sehingga pengelihatan menjadi semakin menurun (kabur). Penyebab katarak diantaranya kerena usia, terganggunya struktur protein lensa secara genetik, dan bertambahnya jumlah protein yang tidak larut dalam air.

Baca juga:  TENTUKAN BATAS USIA PENSIUN

Aprilianti/Editor