(SPNEWS) Pasuruan, pada (17-18 Maret 2023) untuk kemajuan organisasi memerlukan perjuangan bukan hanya sekedar duduk diam, berjuanglah untuk kemajuan organisasi demi menjawab tantangan di masa akan datang. Untuk itu Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kabupaten Sidoarjo mengadakan pendidikan dan konsolidasi beserta PSP SPN se-Kabupaten Sidoarjo di Hotel Lie Mas – Prigen.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pengurus PSP SPN, Pengurus DPC SPN, Ketua DPD SPN Jawa Timur beserta jajaran serta narasumber.

Dalam sambutannya Ketua DPC SPN Kabupaten Sidoarjo Sugiono, S.H menyampaikan bahwa pendidikan dan konsolidasi ini guna membangun serta memperkuat perjuangan organisasi di era kebijakan-kebijakan aturan pemerintah yang mengkebiri atau tidak berpihak kepada kaum pekerja/buruh pada saat ini.

Baca juga:  PEKERJA INFORMAL BERBASIS ONLINE PERLU DIFORMALKAN

Kemudian Ketua DPD SPN Jawa Timur Nuryanto membuka acara secara resmi.

Materi pertama dalam acara kali ini adalah pencapaian materi tentang “Teknik Beracara di Pengadilan Hubungan Industrial” yang disampaikan oleh Budi Pratomo, S.T, S.H, M.H selaku narasumber, memaparkan tentang bagaimana teknik beracara, pengajuan gugatan, tentang surat kuasa, upaya hukum perkara perselisihan di pengadilan hubungan industrial, E-Litigasi dan juga memaknai organisasi pekerja adalah organisasi perjuangan.

Nuryanto S.H sebagai narasumber selanjutnya menyampaikan tentang sumber hukum ketenagakerjaan Republik Indonesia, mengoptimalkan hak-hak anggota maupun pekerja antara lain Job Scurity (Jaminan Kepastian Kerja), Income Scurity (Jaminan Kepastian penghasilan), Sosial Scurity (Hak mendapat Jaminan Sosial) dan juga mengkritisi tentang kebijakan pemerintah khususnya ketenagakerjaan.

Baca juga:  PENYELESAIAN KELUH KESAH DI TINGKAT PABRIK

Kemudian para pengurus DPC SPN Kabupaten Sidoarjo menyampaikan laporannya dari hasil Majenas SPN IV di Lombok serta membuka tanya jawab kepada peserta pendidikan.

SN 14/Editor