(SPN News) Tangerang, 26 November 2016 bertempat di PT Interkayu Nusantara yang beralamatkan di Jalan Telesonik km 8 Desa Kadujaya kabupaten Tangerang Propinsi Banten dilaksanakan KONFERTA (Konferensi Anggota) yang ke IV PSP SPN PT Interkayu Nusantara. Konferta adalah amanat Angaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga SPN  yang merupakan badan permusyawaratan Pimpinan Serikat Pekerja ditingkat Perusahaan yang berwenang untuk menilai laporan pertanggungjawaban PSP, membuat program kerja ditingkat perusahaan / basis , memilih ketua dan pengurus serikat pekerja ditingkat perusahaan. Konferta dilaksanakan setiap 3 (tiga) tahun sekali . KONFERTA ini  dihadiri oleh 148 Orang Delegasi  pemilik hak suara , 20  orang tamu undangan dari  perangkat  DPD SPN Propinsi Banten , PSP SPN yang diwilayah sekitar dan juga DPC SPN Kota Tangerang sebagai nara sumber.

Konferta dibuka tepat pukul  12.10 WIB, diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SPN yang dipimpin oleh saudari Sami  Triyani. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Anggota SPN yang dipimpin oleh saudari Haryati,  dilanjutkan dengan sambutan- sambutan. Sambutan pertama dari Ketua panitia Konferta Bapak  Lasmono yang menyampaikan laporan  terkait rangkaian agenda Konferta di PT Interkayu Nusantara  dengan mengambil tema  “Bangkit Rapatkan Barisan Menuju yang terbaik”. Sambutan selanjutnya dari perwakilan perusahaan yang diwakili oleh bapak Suprayitno, sambutan berikutnya disampaikan oleh  wakil ketua DPD SPN Propinsi Banten  bapak Misno  yang  juga sekaligus secara resmi membuka konferta IV PSP SPN PT Interkayu Nusantara yang  menyampaikan tentang pentingnya saling menjaga hubungan industrial yang harmonis dan yang berkeadilan saling menghormati hak-hak dan kewajiban masing-masing pihak baik perusahaan maupun pekerja, sehingga mampu menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Baca juga:  PERSIAPAN KP JABAR MENYAMBUT WORKSHOP

Acara selanjutnya adalah masuk pada tahapan sidang. Sidang paripurna  ke I adalah pembahasan mengenai jadwal acara dan juga tata tertib konferta yang dipimpin oleh saudara Suprapto dan Robah H. Selanjutnya sidang paripurna ke II adalah penyampaian laporan pertanggungjawaban kinerja PSP SPN PT Interkayu Nusantara selama tiga tahun yang disampaikan oleh ketua PSP bapak Ruswanto yang didampingi seluruh jajaran kepengurusan SPN masa bakti  periode 2013- 2016 . Selanjutnya sidang dilanjutkan dengan tanggapan-tanggapan dari delegasi Konferta dan dalam sidang paripurna II ini menyatakan bahwa seluruh laporan pertanggungjawaban PSP SPN Periode 2013 – 2016  diterima  oleh seluruh peserta delegasi yang hadir.

Setelah istirahat dan makan siang sidang paripurna III dilanjutkan dengan agenda penyusunan program kerja dan juga RAPBO (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisasi) mulai dibahas sejumlah program kerja prioritas dibuat diantaranya yaitu Pengawalan upah 2017, utamanya upah untuk yang telah bekerja diatas satu tahun dan yang telah berkeluarga, pendidikan kepemimpinan untuk perwakilan anggota dan kegiatan pembekalan penambahan skill dalam bidang  Advokasi. Untuk RAPBO disepakati bahwa mulai 1 januari 2017 pemberlakuan iuran harus mengacu penuh terhadap anggaran dasar SPN yaitu sebesar 0,5 % dari nilai UMK yang ada .

Baca juga:  PEMBAHASAN UMSK KOTA TANGERANG

Selanjutnya yaitu sidang paripurna IV dengan agenda pemilihan ketua PSP SPN PT Interkayu Nusantara periode  2016-2019, secara bergantian  2  (dua) calon ketua  yaitu bapak Riswanto dan bapak Solih  menyampaikan visi dan misinya dihadapan delegasi peserta konferta  yang dilanjutkan dengan pemilihan  ketua secara langsung bebas dan rahasia oleh seluruh delegasi yang telah diregistrasi dan juga disahkan oleh panitia. Dari pemilihan tersebut diperoleh suara sebagai berikut : total suara adalah sebanyak 148 suara dengan rincian bapak Solih mendapatkan 87 suara , bapak Ruswanto mendapat  58 suara , tidak sah 3 suara ,maka dengan demikian secara sah terpilihlah bapak Solih sebagai Ketuatua PSP SPN PT Interkayu Nusantara periode 2016- 2019 .

Konferta IV PSP SPN PT Interkayu Nusantara ditutup dengan acara pelantikan dan sekaligus pengambilan sumpah jabatan oleh DPC SPN Kota Tangerang yang dilanjutkan dengan sambutan ketua terpilih bapak solih dan ketua DPC SPN Kota Tangerang Bapak Aris Purwanto. Konferta IV ditutup dengan doa tepat pukul 17.58 WIB

 

Nurlatifah narasumber Misno dan Rukati/Coed