(SPNEWS) Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan efektivitas kepemimpinan serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB), sebuah pelatihan bertajuk “Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi Efektif” diselenggarakan di Tangerang, tepatnya di Pimpinan Serikat Pekerja Serikat Pekerja Nasional (PSP SPN) PT Macroprima Panganutama, Cikupa, pada Sabtu (24/02/2024). Acara ini diikuti oleh 45 orang perwakilan SP/SB dari berbagai sektor industri di Tangerang.

Selain bagian program kerja PSP SPN PT Macroprima Panganutama hasil Konferensi Anggota IV, Pelatihan ini juga merupakan sharing kontribusi Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mulai dari Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pekerja Nasional (DPD SPN), Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kabupaten Tangerang

“Pelatihan ini bertujuan untuk membekali anggota sebagai calon para pemimpin SP/SB dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memimpin organisasi mereka secara efektif.” Kata Siska Fitriani, Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) DPC SPN Kabupaten Tangerang.

Baca juga:  ALIBI KEMNAKER TERKAIT PERMENAKER NO 5 TAHUN 2023

Lanjut Siska menjelaskan, Kepemimpinan yang kuat dan komunikasi yang efektif merupakan dua pilar fundamental bagi SP/SB dalam menjalankan fungsinya. Para pemimpin SP/SB harus mampu memimpin dan mengorganisir anggotanya, serta membangun strategi yang efektif dalam mencapai tujuan organisasi. Selain itu, komunikasi yang efektif sangat penting untuk membangun hubungan yang kuat dengan anggota, mitra, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Materi Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada para peserta dalam hal:

Kepemimpinan: Meliputi teori kepemimpinan, gaya kepemimpinan, dan strategi membangun tim yang efektif.

Komunikasi Efektif: Meliputi teknik komunikasi verbal dan nonverbal, serta strategi membangun hubungan yang baik dengan anggota dan pihak-pihak terkait.

Negosiasi dan Penyelesaian Konflik: Meliputi teknik negosiasi yang efektif dan strategi penyelesaian konflik yang konstruktif.

Baca juga:  REALISASI PROGRAM RUMAH BAGI BURUH

Advokasi dan Kampanye: Meliputi strategi advokasi untuk memperjuangkan hak-hak pekerja dan strategi kampanye untuk meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu ketenagakerjaan.

Lebih lanjut, Siska mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan para pemimpin SP/SB dalam memimpin organisasi mereka.

“SP/SB memainkan peran penting dalam melindungi hak-hak pekerja dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Oleh karena itu, para pemimpin SP/SB harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk menjalankan tugas mereka secara efektif,”tambah Siska.

AH, seorang peserta pelatihan dari PSP SPN PT Macroprima Panganutama, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat baginya.

“Saya belajar banyak hal baru tentang kepemimpinan dan komunikasi efektif. Saya yakin ilmu yang saya dapatkan di sini akan membantu saya dalam memimpin organisasi saya dan memperjuangkan hak-hak para pekerja,” kata AH.

SN 01/Editor