Program budi daya lele ini merupakan bantuan dari Polda Jawa Tengah dalam rangka mengurangi dampak pandemi covid-19

(SPNEWS) Jepara, Kelompok Buruh Budidaya Lele Jepara termasuk SPN di dalamnya, melakukan panen raya perdana ikan lele program padat karya bantuan Polda Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan di komplek Kantor DPC SPN Jepara Desa Gedangan Welahan Jepara, pada (23/9/2020). Hadir dalam kesempatan kali ini Wadir Intelkam Polda Jateng mewakili Kapolda Jateng, Dinas Perikanan dan perwakilan serikat pekerja Jepara.

Programpadat karya bantuan Polda Jateng untuk buruh PHK terdampak covid ini telah dilakukan tabur benih perdana oleh Kapolda Jateng (6/7/2020) di 4 titik termasuk  Jepara Dilanjutkan sampai dengan  total 12 titik selama  bulan Juli dengan total benih 27.000. Panen  lele di Jepara ini merupakan panen perdana dan dinilai berhasil dibandingkan dengan beberapa titik lainnya di Jawa Tengah

Baca juga:  HARI LEBARAN dan BURUH

Hal ini juga disampaikan Sutarjo selaku Perwakilan dari Serikat Pekerja Jawa Tengah.

“Dari Penaburan benih oleh Kapolda di 4 titik pada tanggal 6 Juli kemaren yakni Gunung Pati, Kabupaten Semarang, Pedurungan dan Jepara, hanya Jepara yang berhasil,” ia menjelaskan.

“Dari Dinas Perikanan saya mohon untuk teman-teman Jepara ini nanti dibantu bibitnya, Insya Allah bisa berkembang lagi, jadi di Jepara tidak hanya berkerja tetapi bisa kreatif lainnya bagaimana meningkatkan daya beli untuk meningkatkan perekonomian, teman teman ini juga belajar membuat roti dan hari ini juga secara simbolis  membuka warung lele,” ujarnya.

Wadir Intelkam Polda Jateng AKBP Priyanto Priyo, SIK. MH dalam sambutannya mengatakan

“Kegiatan lanjutan ini saya ucapkan Terimaksih kepada pak Tarjo dan team, bisa sukses untuk yang pertama kali, Kerjasama antara Polda Jateng dan serikat pekerja ini terus dikembangkan, untuk nantinya juga bisa kerjasama denga polres setempat.”

Baca juga:  PEMBENTUKAN TIM PENGADAAN KANTOR PUSAT SPN & LASKAR NASIONAL KABUPATEN PEKALONGAN

“Program ini untuk karyawan yang dirumahkan dan PHK dengan bimbingan kami dan supprot dari Kapolda, dalam rangka meningkatkan perekonomian karena penghasilan minus, kegiatan ini hasilnya luar biasa dan ini merupakan panen perdana yang nantinya jadi rule model, dan  disambut oleh pihak dinas, harapannya itu”, lanjutnya.

Noor Hidayah dari Dinas Perikanan Jepara menyampaikan bahwa  kami apresiasi sekali dengan kelompok lele ini, dan kami akan support, dan nantinya akan kami kenalkan juga dengan kelompok budidaya lainnya agar bisa saling belajar, dan bisa mengembangkan budidaya lele.

SN 12/Editor