Ilustrasi Industri Tempe

Pabrik tempe Indonesia pertama di China diresmikan di kota Shanghai pada 19 Januari 2021. Pabrik dengan bendera Seastar Foods Co Ltd ini bertempat di kawasan food processing di Songjiang distric, Shanghai.

(SPNEWS) Jakarta, Pabrik tempe Indonesia pertama di China diresmikan di kota Shanghai pada 19 Januari 2021. Pabrik dengan bendera Seastar Foods Co Ltd ini bertempat di kawasan food processing di Songjiang distric, Shanghai.

Produk industri tempe pertama ini bernama Rusto Tempeh. Inisiasi pendirian pabrik ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di China yang cukup besar, tapi juga untuk mempromosikan tempe sebagai salah satu ikon penting produk makanan Indonesia di negara tersebut.

Baca juga:  MASALAH BURUH DI INDONESIA

“Seastar Foods menyampaikan apresiasi dan merasa bangga kepada pihak pimpinan perusahaan dan timnya yang sudah berhasil membuka jalan dalam mempromosikan tempe sebagai makanan khas Indonesia di pasar China melalui Shanghai,” kata Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun, seperti dikutip dari keterangan tertulis pada (21/1/2021).

Tempe saat ini sudah banyak dijual di pasar online China seperti Taobao dan Alibaba.com. Namun jumlahnya masih terbatas, dan hanya dikenal oleh kalangan penggemar makanan tempe yang merantau ke Negeri Tirai Bambu tersebut.

Djauhari pun berharap kehadiran pabrik tempe ini bisa menjadi salah satu food print kuliner Indonesia di China.

“Kami mengharapkan dukungan besar dari seluruh masyarakat Indoensia di Shanghai, baik dari KJRI, para pengusaha dan perwakilan perusahaan Indonesia di Shanghai, serta para pelajar dan mahasiswa serta seluruh kalangan diaspora,” ungkapnya.

Baca juga:  PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEKERJA DI PT MASTER WOVENINDO LABEL

SN 09/Editor