Workshop Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat

(SPNEWS) Jakarta, bertempat di Soll Marina Hotel Kota Tangerang pada (9-10/9/2021) diselenggarakan workshop tentang Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus DPP SPN, DPD SPN Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur, serta dihadiri pula oleh beberapa pemerhati tentang ketenagakerjaan baik dari kalangan akademisi maupun aktivis. Tujuan darki workshop ini adalah untuk menentukan langkah strategis dalam mendorong dan mewujudkan jaminan sosial semesta sepanjang hayat.

Dalam pengantarnya Ketua Umum DPP SPN Djoko Heriono, S.H menyampaikan tentang asal mula gagasan SPN yang termuat dalam Resolusi SPN. Gagasan tersebut memunculkan keinginan dan langkah-langkah dalam mewujudkan kepastian kerja (job security), kepastian upah (income security) dan kepastian jaminan sosial (social security). Pada perjalanannya tentang jaminan sosial muncul ide tentang jaminan sosial semesta sepanjang hayat. Dan ternyata ide ini muncul juga dari beberapa kalangan dan sejauh ini SPN telah sering berdiskusi dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan hasil dari diskusi tersebut mengerucut bahwa jaminan sosial semesta sepanjang hayat adalah suatu keniscayaan.

Baca juga:  LAGI, PERUSAHAAN TUTUP TANPA MEMBAYAR PESANGON

Oleh karena itu perlu dirumuskan langkah-langkah kongrit dan sistematis dalam rangka mendorong dan mewujudkan jaminan sosial semesta sepanjang hayat.

SN 09/Editor