​(SPN News) Tangerang, 10 Febuari 2017 PSP SPN PT Pancaprima Ekabrothers bertempat di ruang TSM PT Pancaprima Ekabrothers mengadakan penyuluhan tentang penyakit kronis yakni penyakit Diabetes Melitus dan Hipertensi. Acara ini terselenggara berkat kerjasama PSP dengan klinik Mitra Medicare. Penyuluhan ini merupakan acara lanjutan dari bidang SDA yang sebelumnya sudah pernah dilakukan karena adanya permintaan dari anggota yang ingin mengetahui tanda-tanda dari penyakit diabetes dan dihadiri oleh 30 orang anggota.  Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB dimulai dengan pengecekan kadar gula darah juga tensi darah,  dilanjutkan dengan sambutan dari bung Aristiawan yang mengatakan bahwa semoga dengan acara ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penyakit diabetes dan hipertensi sehingga diharapkan anggota dapat menyampaikan kepada keluarga atau keluarga penderita apa saja yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes dan hipertensi.

Selanjutnya acara langsung dipandu oleh dr Tuti dari klinik Mitra Medicare yang memberikan pemahaman tentang “Nutrisi bagi penderita diabetes dan hipertensi dan apa saja makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes dan hipertensi” salah satunya adalah tentang pola makan yang tepat bagi penderita diabetes: 1. Jumlah kalori makanan harus sesuai dengan kebutuhan kalori, 2. Jadwal makanan sesuai dengan jam makan, 3. Jenis makanan harus diperhatikan batasan gula dari makanan, seperti menghindari GLIKEMIK tinggi yakni semangka, kurma, soda, pasta bihun, nasi putih juga pizza. Lebih jelasnya lagi Dr Tuti mengatakan waktu makan bagi penderita diabetes lebih baik dengan porsi kecil namun dibagi dalam beberapa waktu agar kadar gula darah stabil. Begitu pula dengan penderita Hipertensi pola makan juga harus dijaga jangan sampai terlalu sering tidur larut malam juga tidak boleh makan makanan asin, makanan tinggi lemak jenuh (kolesterol), daging berlemak seperti daging sapi dan daging kambing, makanan manis, makanan olahan atau siap saji, merokok minuman beralkohol dan juga kopi.

Baca juga:  KORDINASI BPJS KESEHATAN TANGERANG DENGAN RUMAH SAKIT DAN BPJS WATCH

Dalam acara ini ada beberapa pertanyaan dari peserta seperti ibu Nurwati apa perbedaan antara penyakit diabetes basah atau kering ? dan dijawab kalau yang basah harus itu sudah dikatagorikan penyakit dalam dirawat dan diberikan insulin sedangkan yang kering masih bisa diberi obat dan berobat jalan. Pertanyaan lainnya dari bapak Suhendi apakah kurang tidur dapat menyebabkan kadar gula tinggi dan langsung dijawab tidak tapi dapat menyebabkan Hipertensi dan pertanyaan terakhir dari bapak Dedi berapakah normalnya kadar gula darah dan langsung dijawab dibawah 200 adalah normal sedangkan Diabetes type 1 berada dibawah 500.

Penyuluhan tentang penyakit Diabetes dan hipertensi  ini berlangsung sampai dengan pukul 16.00 WIB dan sebelum acara ditutup  sebelumnya dilakukan senam jantung sehat selama 30 menit bersama sanggar Ayu Sehat  yang dipandu oleh pelatih senam ibu Ayu.

Baca juga:  PAMANTAPAN TIM TOF WOMAN JAMBORE NASIONAL 2017

Aprilianti/Coed