LAIN LADANG LAIN BELALANG, LAIN LUBUK LAIN IKANNYA

LAIN LADANG LAIN BELALANG, LAIN LUBUK LAIN IKANNYA

(SPN News) Semarang, 5 Oktober 2016 Pepatah klasik “lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya” merupakan pepatah yang sangat pas untuk menggambarkan situasi dan kondisi PSP SPN PT Ungaran Sari Garments yang saat ini terdiri dari 3 Unit dengan lokasi yang berbeda. Meskipun secara mendasar ke 3 Unit (Unit Ungaran, Unit Congol dan Unit Pringapus) di kelola oleh 1 Manajemen akan tetapi mereka mempunyai kebijakan-kebijakan tersendiri di masing-masing unitnya.

Hal ini terlihat tatkala DPC SPN Kabupaten Semarang melakukan agenda Membership Meeting dan Kunker ke 3 unit tersebut. Agenda berkelanjutan DPC  di PT Ungaran Sari Garments untuk Unit Ungaran di selenggarakan pada tanggal 17 September 2016, di lanjutkan di Unit Congol pada tanggal 24 September 2016 dan yang terakhir di Unit Pringapus pada tanggal 1 Oktober 2016.

Dari 3 kali pertemuan di tempat dan waktu yang berbeda tersebut terasa sekali perbedaan situasi dan antusias dari peserta Membership Meeting tersebut. Untuk yang pertama yaitu di Unit Ungaran, dengan peserta 27 Orang peserta sudah termasuk pengurus, agenda yang di buka secara simbolis oleh Ketua DPC SPN Kabupaten Semarang Mashudi. SE berjalan dengan lancar meskipun terkesan sedikit kaku. Dengan malu-malu mereka mengutarakan keluhan –keluhan yang ada di Unit mereka. Salah satunya di persulit mendapatkan cuti Haid. Ironisnya bahwa yang mempersulit justru para supervisor-supervisor mereka yang notabene adalah seorang perempuan.

Lain di Unit Ungaran lain lagi di Unit Congol, PSP di bawah Ketua Unit Nurdin Ma’ruf tersebut menyambut agenda workshop dengan sangat antusias. Dengan peserta yang melebihi kuota, yaitu 40 orang dan 5 orang wakil dari Manajemen terasa sekali bahwa keberadaan SPN dalam Unit ini sangatlah di perhitungkan. Hal ini juga di ungkapkan oleh Gunawan selaku HRD PT Ungaran Sari Garments Unit Congol yang dalam sambutannya mengatakan bahwa hubungan antara serikat pekerja dan perusahaan adalah bersinergi positif. Mars SPN berkumandang dengan gegap gempita mengawali agenda tersebut yang sebelumnya berkumandang lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Sepanjang acara para peserta sangat aktif bertanya jawab hingga acara berakhir. Dari kesan dan pesan, wakil peserta menyatakan amat senang adanya agenda Membership Meeting tersebut dan berharap akan berkelanjutan.

Jadwal terakhir Agenda DPC untuk PT Ungaran Sari Garments yaitu di Unit Pringapus. Dengan peserta 25 Orang, antusias dalam menyambut agenda yang di selenggarakan oleh DPC SPN Kabupaten Semarang tidak kalah antusias dengan di  Unit sebelumnya yaitu Unit Congol. Selain peserta hadir pula 5 pengurus DPC SPN Kabupaten Semarang, beberapa orang wakil dari Manajemen dan Endang Subekti sebagai pembicara. Acara yang di mulai tepat pukul 13.00 WIB awali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan di lanjutkan dengan Mars SPN secara resmi di buka oleh Mashudi. SE. Acara  demi acara berjalan dengan lancar dan berakhir pukul 15.30 WIB.

Itulah sedikit gambaran kondisi keberadaan Serikat Pekerja di masing – masing Unit PT  Ungaran Sari Garments. Meskipun terdapat sedikit perbedaan pada hakekatnya mereka menyambut positif apa yang menjadi tujuan dan target dari di adakannya workshop berkelanjutan tersebut, yaitu COS sesuai AD/ART sebesar  0,5 % dari UMK. Merekat sepakat akan melakukan kenaikan COS secara bertahap.

Wulan/Coed

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip