(SPNEWS) Semarang, Serikat Pekerja Nasional (SPN) se-Indonesia secara resmi telah memberikan dukungan politiknya kepada Bacapres Anies Baswedan. Padahal sebelumnya, sempat ada aspirasi mendukung kandidat lain.

“Keputusan mendukung Pak Anies Baswedan tidak instan dan tidak buru-buru. Ada alur perjalanan yang berproses panjang hingga akhirnya dukungan bermuara kepada Pak Anies,” tutur Ketua SPN Jawa Tengah, Sutarjo (4/8/2023).

Dia menerangkan, pada agenda SPN di NTB memang sempat ada keputusan untuk mendukung capres lain. Namun sebetulnya saat itu tidak bulat dukungannya.

Setelah itu, lanjut Sutarjo, para aktivis federasi membuat kajian mengenai resolusi SPN. Yakni sebuah program yang dinamakan JS3H (Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat). Gagasan ini murni dari para aktivis buruh yang menginginkan adanya jaminan kesejahteraan di hari tua.

Baca juga:  AKTIVIS PEREMPUAN PERINGATI MAY DAY DAN 30 TAHUN KEMATIAN MARSINAH

“Kajian dari teman-teman federasi saat itu mengundang Pak Sudirman Said. Diadakan di Jakarta. Pak Sudirman Said sebagai perwakilan dari Pak Anies Baswedan,” tutur Sutarjo.

Dan dari hasil kajian tersebut, sambungnya, pihak Anies Baswedan merespon positif. Ada kesamaan pandangan dan pemikiran dengan tim Anies Baswedan atas nasib buruh melalui kajian tersebut.

Kemudian, tambah Sutarjo, DPP SPN menggelar Rakornasus pada 3 Agustus 2023 di Tegal, Jawa Tengah. Salah satu inti pembahasan forum tersebut, menimbang siapa kandidat presiden 2024 yang bisa meloloskan aspirasi SPN itu.

Dan akhirnya, kata dia, secara bulat forum Rakornasus SPN menyepakati untuk memberikan dukungan politik kepada Anies Baswedan. Dengan harapan bisa mewujudkan aspirasi kaum buruh agar lebih sejahtera.

Baca juga:  KONFERTA PSP SPN PT DONG JUNG INDONESIA

“Saat Rakornasus kira-kira bahasannya begini, siapa kandidat yang bisa mewujudkan aspirasi kaum buruh. Dan akhirnya semua sepakat mendukung Pak Anies Baswedan. Semua pengurus yakin Pak Anies mampu memenuhi keinginan SPN,” ucapnya.

 

 

SN 09/Editor