SPN News – Kabar gembira untuk para buruh rokok di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah! Pemerintah Kabupaten Kudus akan segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus buruh rokok pada awal Maret 2024.

Masing-masing buruh rokok yang memenuhi syarat akan menerima bantuan sebesar Rp300.000 per bulan. Namun, karena pencairan kali ini mencakup periode Januari dan Februari 2024, maka total bantuan yang diterima mencapai Rp600.000.

Program BLT ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan buruh rokok, mengingat industri rokok merupakan salah satu sektor penting di Kabupaten Kudus. Anggaran yang disiapkan untuk program ini mencapai Rp39,44 miliar.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kudus, Agustinus Agung Karyanto, menjelaskan saat ini pihaknya masih dalam tahap verifikasi data penerima BLT.

Baca juga:  PT SAI TERBUKTI TIDAK BAYAR UANG LEMBUR

“Kami pastikan bantuan tepat sasaran kepada buruh rokok yang masih aktif bekerja dan ber-KTP Kudus,” ujar Agung.

Berdasarkan data Dinas Sosial, terdapat 65.149 pekerja rokok di Kudus yang berpotensi menerima BLT. Namun, karena Pemprov Jateng juga memiliki program serupa, maka sebagian buruh rokok akan menerima BLT dari APBD Kudus dan sebagian lagi dari APBD Provinsi Jawa Tengah.

“Hasil koordinasi antar pemerintah, diperkirakan 32.454 buruh rokok akan menerima BLT dari provinsi, selebihnya dari APBD Kudus,” jelas Agung.

Agung berharap program BLT ini dapat meringankan beban hidup para buruh rokok dan keluarganya. “Bantuan ini juga diharapkan menjadi modal untuk terus berkarya dan meningkatkan kesejahteraan,” pungkasnya.

Baca juga:  KASUS COVID-19 NAIK DRASTIS, SATGAS COVID-19 TIDAK LAKUKAN LOCKDOWN

SN-01/Berbagai Sumber