Ilustrasi

Ada 5 cara yang dapat dilakukan untuk mengecek keaktifan BPJS Ketenagakerjaan

(SPNEWS) Jakarta, Cara cek BPJS Ketenagakerjaan penting diketahui setiap pekerja yang terdaftar di dalamnya. BPJS Ketenagakerjaan merupakan program untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja.

Pemberi pekerja wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Biasanya, jika seorang pekerja sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan akan dinonaktifkan dan saldo bisa dicairkan jika mau. Status aktif dan tidak aktif ini bisa dicek oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Cara cek BPJS Ketenagakerjaan cukup sederhana dan bisa dilakukan kapan saja. Pihak BPJS Ketenagakerjaan memberi kemudahan pesertanya untuk cara cek BPJS Ketenagakerjaan. Cara cek BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan sejumlah cara.

Berikut cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak
A. Cara cek BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah melalui aplikasi yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi bernama BPJSTK Mobile ini bisa diunduh gratis di Play Store dan AppStore. Berikut cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak dari aplikasi BPJSTK Mobile:

1. Setelah mengunduh aplikasi, lakukan registrasi terlebih dahulu.

2. Registrasi dilakukan dengan memasukkan beberapa syarat seperti Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, Tanggal lahir, dan Nama. Registrasi ditujukan agar peserta mendapatkan PIN.

3. kemudian login ke akun BPJS dengan email dan PIN.

4. Di laman utama aplikasi, klik menu cek saldo JHT.

5. Pada layar, perhatikan jika muncul tanda centang berarti status BPJS Ketenagakerjaan masih aktif. Jika tidak ada tanda centang berarti status BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak aktif.

Baca juga:  DISNAKERTRANS JATIM NYATAKAN UMK 2021 MULAI DIBAHAS

Aktif atau tidaknya BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilihat dari kartu digital. Untuk melihat kartu digital, cukup masuk ke menu “Kartu Digital”. Ketika dipilih, aplikasi akan menampilkan kartu BPJS Ketenagakerjaanmu lengkap dengan status kepesertaanmu.

B. Cara cek BPJS Ketenagakerjaan yang kedua adalah melalui website BPJS Ketenagakerjaan. Sama seperti aplikasi, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan ini. Lakukan proses pendaftaran dengan mengunjungi halaman website https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Apabila sudah berhasil masuk, cara cek BPJS ketenagakerjaan selanjutnya dengan menyiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ. Lakukan pengisian form secara lengkap dan klik Submit Data. Kemudian pemohon akan menerima SMS atau Email kode aktivasi.

Selanjutnya lakukan Aktivasi Akun. Bila sudah menerima kode aktivasi maka masukan kode tersebut di halaman berikutnya, lalu pilih Submit. Kemudian pemohon akan menerima email untuk konfirmasi aktivasi akun. Teruskan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan login akun BPJS. Setelah akun aktif, maka Anda dapat mengunjungi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Kemudian login dengan email dan PIN yang sudah didapatkan.

Lakukan cek status dengan memasukkan nomor KTP dan BPJS di kolom profil. Jika keluar status tidak valid, maka status BPJS Ketenagakerjaanmu sudah tidak aktif. Namun, jika status yang keluar adalah valid maka statusmu masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan.

C. Cara cek BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan lewat SMS. Caranya cukup mudah dengan mengikuti format yang sudah tersedia. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka layanan SMS. Kirim SMS dengan format DAFTAR (spasi) SALDO#NomorKTP#NAMA#Tanggal lahir#NomorPeserta, setelah itu kirim SMS ke 2757. Setelah itu, pemohon akan menerima balasan SMS dari pihak BPJS yang berisi nomor ID pemohon.

Baca juga:  HARIAN LEPAS PT LONDON SUMATERA MENOLAK PHK DAN MINTA KEJELASAN POTONGAN IURAN BPJS

Untuk mengecek status keaktifan BPJS Ketenagakerjaan, cukup sms dengan format Status(spasi)TK#No. Kartu BPJS TK lalu kirim ke 2757. Untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa SMS dengan format SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, lalu kirim ke 2757.

Hal yang perlu diperhatikan adalah layanan ini hanya berlaku untuk nomor operator tertentu seperti XL, Telkomsel, dan Indosat.

D. Cara cek BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya adalah melalui call center. Jika Anda masih kesulitan mencoba cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa menghubungi langsung call center BPJS Ketenagakerjaan.

Caranya cukup dengan menghubungi 175 lalu tanyakan langsung status keanggotaanmu di BPJS Ketenagakerjaan dengan menyebutkan nomor BPJS Ketenagakerjaanmu. Layanan call center ini aktif melayani mulai pukul 06:00 hingga pukul 22:00 WIB.

E. Cara cek BPJS ketenagakerjaan yang bisa digunakan untuk alternatif terakhir adalah datang ke kantor BPJS. Jika Anda tidak dapat menggunakan cara cek BPJS ketenagakerjaan lain, cara ini patut dijadikan pilihan.

Cara cek BPJS Ketenagakerjaan di kantor BPJS Ketenagakerjaan bisa langsung menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Anda juga bisa sekalian mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. etugas akan memberitahu jumlah saldo dan dapat mengeprint slip saldo BPJS.

Kekurangan dari cara cek BPJS ketenagakerjaan manual ini adalah lamanya antrian. Kemudian ketidakpraktisan untuk pergi ke kantor BPJS. Membutuhka waktu dan tenaga yang lebih banyak, cara ini sebenarnya tidak begitu direkomendasikan.

SN 09/Editor