(SPN News) Kuningan, 23 April 2017 PSP SPN PT Sulindamills Kabupaten Bekasi menyelenggarakan acara pendidikan dan pelatihan untuk pengurus, perwakilan anggota, Laskar dan Srikandi (Komite Perempuan). Acara ini diselenggarakan di Hotel Ayong Linggar Jati Kuningan Jawa Barat. Dalam kesempatan ini hadir pula General Manager PT Shinta Group Bekasi Tangerang bapak Edi Susanto, bapak Purwoko dan bapak Wahyunadi perwakilan dari management PT Shinta Group Bekasi, Ketua DPC SPN Kabupaten Bekasi bapak Joko Sugimin dan beberapa pengurus DPC sebagai narasumber dan 56 orang peserta. Tujuan dari pendidikan dan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman agar rasa memiliki organisasi serta militansi terhadap organisasi semakin meningkat.

Acara dimulai pukul 14.00 WIB, diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars SPN dan pembacaan ikrar anggota SPN. Setelah itu dilakukan pengukuhan anggota Laskar dan Srikandi (Komite Perempuan) yang dilakukan oleh Ketua PSP SPN PT Sulindamills bung Eko Supriyanto. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Bung Eko Supriyanto dalam sambutannya menyatakan agar pendidikan dan pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi peningkatan kapasitas dari pengurus beserta jajarannya. Sambutan kedua disampaikan oleh bapak Joko Sugimin yang menyampaikan tentang dasar dan latar belakang dari pelatihan ini dan meminta agar selanjutnya Srikandi menjadi Komite Perempuan agar sesuai dengan Peraturan Organisasi. Sambutan yang terakhir dan sekaligus membuka acara ini disampaikan oleh bapak Edi Santoso yang berharap agar hubungan industrial di Shinta Group akan semakin baik.

Baca juga:  MENUJU INDUSTRI 4.0 UPAH DI INDONESIA TIDAK BOLEH RENDAH

Selanjutnya setelah serangkaian acara pembukaan diatas, acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang pertama yaitu “Dasar-dasar berorganisasi SP/SB dan Job Description pengurus”, materi ini disampaikan oleh bung Gismanto. Dalam pemaparan materi yang disertai diskusi tersebut sempat ditanyakan oleh peserta tentang Srikandi yang harus disesuaikan menjadi Komite Perempuan (KP). Srikandi memang telah menjadi bagian dari PSP SPN PT Sulindamills tetapi berdasarkan keputusan Majenas dan Peraturan Organisasi (PO) tentang Komite Perempuan (KP), maka Srikandi tersebut harus menyesuaikan menjadi Komite Perempuan (KP). Materi yang kedua tentang capasity Building dan militansi organisasi disampaikan oleh bung Widjayanto. Disampaikan bahwa penting sekali setiap pribadi untuk memiliki kepercayaan diri,  memiliki kerapihan/ketertiban, memiliki perhatian, tidak pernah menolak, memiliki kebulatan tekad, selalu aktif, mau terus belajar, memiliki integritas, selalu terbuka dan memiliki sifat kepemimpinan. Dan pelatihan hari pertama selesai Pukul 23.00 WIB

Baca juga:  KESADARAN AKAN PENTINGNYA K3 MASIH RENDAH

Pelatihan hari kedua pada tanggal 24 April 2017 di mulai pukul 06.00 WIB dengan senam dan olahraga. Kegiatan ini berlangsung sampai dengan pukul 07.00 WIB. Selanjutnya setelah makan pagi dan istirahat pukul 08.00 WIB para peserta masuk kembali ke kelas. Karena tidak ada pertanyaan terkait dua materi yang telah diberikan maka narasumber meminta kepada para peserta untuk menuliskan kesan dan pesannya. Ada 4 peserta yang dipersilahkan untuk menyampaikan kesan dan pesannya yaitu : saudari Dewi Wahyuningsih, bung Saiful Bahri, bung Budi Haryadi dan saudari Lailatul Romyana. Selanjutnya acara pelatihan ditutup dengan sambutan bapak Purwoko selaku perwakilan manajemen PT Sulindamills dan pembacaan doa.

Shanto Jabar 6/Coed