Meningkatkan pengetahuan keselamatan kerja dan keterampilan pekerja

(SPN News) Morowali, Manajemen Trainning PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) mengadakan Basic Safety Trainning (BST), kegiatan yang diselenggarakan pada selama tiga hari sejak tanggal 2-4 Mei 2018 bertempat di Ruang Expose Lantai 1 Kantor IMIP, Bahodopi Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah yang dihadiri oleh 60 perwakilan karyawan dari seluruh perusahaan yang ada di kawasan IMIP ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Keselamatan Kerja dan Keterampilan karyawan.

“Trainning ini sangat perlu, karena ini dasar mengenai K3 di tempat kerja. Dengan adanya BST ini karyawan akan terbekali pengetahuan dasar K3 sehingga bisa menekan angka kecelakaan kerja khususnya” ujar Ketua PSP SPN PT Tsingshan Steel Indonesia Irwan.

Baca juga:  MENCETAK NEGOSIATOR ULUNG

Menjadi catatan penting terangnya bahwa sesuai dengan amanat UU Nomor 1 tahun 1970 tentang kecelakaan kerja, setiap tenaga kerja berhak mendapatkan perlindungan atas keselamatan dalam melakukan pekerjaan dan setiap orang di tempat kerja perlu pula terjamin keselamatannya. Pelatihan ini memberikan gambaran kepada para peserta tentang bagaimana mengelola lingkungan kerja yang aman, nyaman, bebas kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Ini merupakan BST yang ke-5 dan yang menjadi narasumber adalah Team Safety IMIP, Dokter Klinik IMIP dan Team Pemadam Kebakaran kawasan IMIP. Dalam BST tersebut dijelaskan tentang pemahaman peraturan perundangan K3, jenis pelindung diri, organisasi keadaan darurat (ERT), identifikasi bahaya, kondisi dan situasi yang berbahaya, HAZOB, JSA & HIRA serta perlunya sistem manajemen K3. Selain menerima materi dan sesi tanya jawab, di hari ketiga semua peserta mengikuti tes tertulis sebanyak 100 pertanyaan kerkait materi yang telah disampaikan. Paparnya saat dihubungi melalui telphone selulernya.

Baca juga:  TERDAMPAK PSBB, MANAJEMEN DAN SERIKAT PEKERJA DI PT KAHO SEPAKAT NO WORK NO PAY

Inaken Jabar 7/Editor