Pelatihan fasilitator berbasis online

(SPNEWS) Tangerang, 03 Januari 2021. Dilatar belakangi hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II, Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pekerja Nasional (DPD SPN) Provinsi Banten mengadakan Pelatihan Fasilitator Berbasis Online di Pakons Prime Hotel, Kota Tangerang. Tujuan diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas kader organisasi yang kreatif dan berdaya saing dalam era digital.

Pelatihan Fasilitator ditujukan bagi pengurus bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) serta Pengurus bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dari empat wilayah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang diundang, lebih 20 peserta undangan hadir dalam agenda pelatihan kali ini.

NG Yap Hwa, Communications Assistant IndustriALL Global Union South East Asia office, memberikan materi pengenalan aplikasi zoom, mulai dari fitur-fitur yang ada sampai dengan bagaimana cara memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, seluruh peserta pelatihan diberikan praktek langsung agar mudah dimengerti dan difahami.

Baca juga:  GENCATAN MOGOK KERJA PT IMIP, BOLA PANAS MENGARAH KE PEMPROV SULAWESI TENGAH

Menurut Yap Hwa, pelatihan ini pada dasarnya tidak cukup sekali pertemuan, namun paling tidak, peserta dapat memahami dan bisa menjalankan aplikasi sesuai dengan apa yang dipaparkan.

“Dibiasakan memakai aplikasi zoom untuk keperluan komunikasi dan koordinasi via online zoom, agar mudah difahami dan digunakan,” tambahnya.

Terselenggaranya pelatihan fasilitator berbasis online, Ketua DPD SPN Provinsi Banten, Intan Indria Dewi menanggapi, pada Era Revolusi Industri 4.0 ini, Serikat Pekerja Nasional (SPN) juga harus mulai mampu melakukan terobosan dan inovasi dalam melakukan Pelatihan terhadap Anggotanya.

“Salah satunya dengan mulai mempersiapkan para fasilitator yang mampu mendesain sebuah pelatihan dengan menggunakan platform online, seperti Zoom Meeting, Google Meet, WebEx, Microsoft Team dan lain sebagainya.” Kata Indria Dewi menegaskan.

Baca juga:  THR WAJIB DIBAYARKAN PALING LAMBAT 7 HARI SEBELUM HARI RAYA

Lebih lanjut Intan mengemukakan, melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh DPD SPN Provinsi Banten ini, dapat meningkatkan kapasitas kader Organisasi yang Kreatif, Inovatif dan Berdaya Saing di Era Digitalisasi serta membesarkan nama Serikat Pekerja Nasional.

“Terimakasih juga untuk Brother Ng Yap Hwa dari Industri All South East Asia yang telah berkenan menjadi Trainer dalam Pelatihan ini. Dan Brother Iwai Shinyai selaku Industry All Regional Secretary South East Asia yang telah memberikan motivasi dan dukungannya dalam sambutan yang disampaikan pada Opening Ceremonial.” Pungkas Indria mengakhiri.

SN 01/Editor