Ilustrasi PHK

Disnaker kota Tangerang Selatan menyebut terjadi lonjakan PHK akibat pandemi covid-19

(SPNEWS) Serpong, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Selatan menyebut adanya lonjakan pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah situasi pandemi Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Disnaker Kota Tangsel, Sukanta saat dikonfirmasi. Sukanta mengatakan ribuan pekerja mengalami PHK dari puluhan perusahaan yang tercatat di wilayah kerjanya itu.

“Jumlah pekerja yang di PHK ada 3.020 pekerja, dari 53 perusahaan yang terdampak pandemi Covid-19,” kata Sukanta, (13/11/2020).

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang, Wilopo Tetuko (warta kota)

Sukanta menuturkan data pekerja yang terimbas PHK tersebut mengalami kenaikan sejak bulan Juni 2020 hingga Oktober 2020.

Baca juga:  PENDIDIKAN CARACTER BUILDING PSP SPN PT PWI 2

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Tangsel, Endang Wahyuningsih mengatakan ribuan pekerja yang terdampak PHK itu ditemukan pada beberapa sektor usaha. Menurutnya, sejumlah sektor usaha yang mendepak banyak pekerjanya itu berupa industri padat karya, pariwisata dan jasa.

Saat ini, Endang menambahkan, Disnaker Tangsel  terus berupaya memaksimalkan angkatan kerja PHK di Tangsel dengan memberikan berbagai pelatihan dan keterampilan.

“Upayanya ada pelatihan-pelatihan khusus untuk warga Tangsel. Karena dari 1.892 yang di PHK ada 1.050 orang Tangsel, sisanya pendatang. Kalau untuk pelatihannya, bukan di Tangsel,” kata Endang.

SN 09/Editor