Sekitar 3.000 buruh PT Matahari Sentosa Jaya Cimahi unjuk rasa 2 hari berturut-turut karena upah mereka selama 2 bulan tidak dibayarkan oleh perusahaan

(SPN News) Cimahi, Sekitar 3.000 buruh pabrik PT Matahari Sentosa Jaya yang berlokasi di Jalan Djoyodikromo, Keluarahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi melakukan unjuk rasa dan aksi mogok kerja. Aksi yang dilakukan di sekitar pabrik itu tersebut sudah dilaksanakan selama dua hari, yakni 3-4/10/2018.

Ketua SP Ikin Wahyudin mengatakan, aksi mogok kerja yang dilakukan para buruh ini lantaran kecewa terhadap perusahaan yang belum membayarkan upah mereka.

“Pihak manajemen sudah dua bulan belum membayarkan upah karyawan. Semua buruh akan tetap melakukan aksi mogok kerja hingga tuntutan kami dipenuhi pihak perusahaan,” ujarnya pada (4/10/2018). Ia mengatakan, total buruh yang bekerja di PT Matahari Sentosa Jaya saat ini mencapai 4.000 karyawan yang statusnya didominasi oleh pekerja kontrak.

Baca juga:  UMK GAK SESUAI HARAPAN, BURUH BANTEN AKAN KEJAR GUBERNUR

“Selain upah belum dibayar, juga masih banyak buruh yang masih dibayar jauh dari Upah Minimum Kota (UMK) Cimahi,” ujar Ikin.

Untuk saat ini, lanjutnya, perusahaan tersebut hanya sanggup mencicil upah sebagian buruh sebesar Rp 700 ribu per bulan untuk satu orang karena ditengarai kondisi perusahaan yang beroperasi sejak tahun 1990 itu tengah dalam kondisi krisis finansial.

“Tiga bulan sebelumnya, tepatnya Juli 2018, ribuan buruh PT Matahari Sentosa Jaya juga menggelar aksi di tempat ini,” katanya. Tuntutan saat itu, kata dia, terkait tertundanya pembayaran Tunjangan Hari Raya.

Shanto dikutip dari Tribunnews.com/Editor