SILATURAHIM ILO BWI ke DPP SPN

SILATURAHIM ILO BWI ke DPP SPN

(SPN News) Jakarta, 19 Oktober 2016 ILO BWI mengadakan kunjungan kerja ke kantor DPP SPN yang beralamat di Gedung ILP Centre Lantai 4 Jalan Pasar Minggu No 39 A Jakarta Selatan. Tamu dari ILO ini terdiri dari Mrs Maria Vasquez, bapak Muhammad Anis AN dan Fadjar Dwi W. Kedatangan mereka disambut oleh Ketua Umum DPP SPN bapak Iwan Kusmawan SH beserta jajaran pengurus DPP yang lain. Tujuan dari kedatangan ILO BWI ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang SPN dan juga menjajaki kerjasama yang lebih erat dimasa depan.

Pertemuan dimulai pukul 13.00 WIB, diawali dengan perkenalan. Kemudian bapak Iwan Kusmawan menjelaskan secara singkat mengenai profil SPN secara umum. Selanjutnya dari ILO menanyakan tentang apa saja permasalahan ketenagakerjaan yang dialami oleh anggota SPN. Bapak Kusmin kemudian menjelaskan sekelumit permasalahan yang muncul, seperti masalah perusahaan yang bangkrut dan pengusahanya melarikan diri sehingga perlu dipikirkan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut agar pekerja memperoleh apa yang menjadi hak-haknya, masalah yang kedua adalah tentang penangguhan upah, SPN berharap agar ILO BWI dapat mendorong agar perusahaan-perusahaan mau membayar selisih penangguhan upah tersebut sesuai dengan keputusan MK Nomor 72/PPU-XIII/2015 dan masalah yang ketiga tentang union busting yang terjadi. Bapak Iwan Kusmawan kemudian menambahkan tentang upah murah  akibat PP No 78 Tahun 2015 dan fenomena upah padat karya.

Mrs Maria menyatakan bahwa ILO BWI akan mempelajari semua permasalahan yang timbul tersebut dan nantinya akan merumuskan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Seperti tentang keputusan MK tersebut ILO BWI akan mempelajari terlebih dahulu apakah putusan MK tersebut berlaku surut atau tidak. Selanjutnya BWI ILO menawarkan kepada SPN agar dapat bertemu dengan Apindo/Pengusaha maupun Pemerintah untuk membahas permasalahan ketenagakerjaan. ILO BWI tidak bisa merubah aturan yang berlaku di Indonesia tetapi bisa memfasilitasi pertemuan antara semua yang berkepentingan agar dapat mencari solusi yang terbaik dalam memecahkan masalah-masalah ketenagakerjaan tersebut.

ILO BWI juga meminta masukan dari SPN mengenai pelaksanaan Bisnis Forum dan berjanji akan melakukan pertemuan itu secara berkelanjutan. Pertemuan ditutup pukul 15.00 WIB.

 

Shanto/Coed

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip