SERIKAT PEKERJA NASIONAL PEDULI AIDS

SERIKAT PEKERJA NASIONAL PEDULI AIDS

(SPN News) Semarang, Peringatan hati aids sedunia dilakukan setiap tanggal 1 desember. Hal ini di lakukan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang di sebabkan oleh penyebaran virus HIV ( Human Immunodeficiency Virus). Virus ini menyebabkan rusaknya atau melemahnya sistem kekebalan tubuh manuasia. Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia ini, SPN juga turut andil dalam  upaya pencegahan dan penanggulangan AIDS di lingkungan masing – masing dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Sabtu, 19 Desember 2015 SPN Kabupaten Semarang mengikuti kegiatan hari Aids se dunia yang di selenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Semarang, yang bertempat di Kantor Dinas Perhubungan. Selain SPN, kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Serikat Pekerja/Serikat Buruh lain, pekerja/buruh dari berbagai perusahaan di Kabupaten  Semarang yang belum tergabung dalam Serikat Pekerja dan juga PSK dari 3 Lokalisasi yang ada di Kabupaten Semarang.

Kegiatan tersebut diawali dengan senam kebugaran yang di ikuti oleh semua peserta. Setelah itu di lanjutkan dengan test kesehatan dan test HIV bagi peserta. Di sela – sela kegiatan tersebut terdapat hiburan dan pembagian doorprize bagi peserta yang beruntung. Salah seorang PSK yang tidak mau di sebut namanya mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. “saya menjadi lebih paham apa itu AIDS, cara penularannya dan bagaimana cara pencegahannya”, ungkapnya. Secara keseluruhan kegiatan tersebut berlangsung meriah dan berakhir pada pukul 14.00 WIB.

Selain kegiatan tersebut diatas SPN juga melakukan Donor Darah Massal, yang selenggarakan oleh PSP  SPN PT Ungaran Sari Garment bekerja sama dengan UDD PMI Kabupaten Semarang. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30 November 2015 bertempat di PT  Ungaran Sari Garment, Ungaran Semarang. Kegiatan yang di ikuti oleh karyawan dan karyawati PT  Ungaran Sari Garment ini selain untuk memperingati HAS (Hari Aids Sedunia)  juga bertujuan untuk meningkatkan rasa perduli dan berbagi bagi masyarakat khususnya anggota SPN. Sebagaimana kita tahu bahwa donor darah banyak mempunyai manfaat.  Selain dapat menolong sesama manusia yang membutuhkan, beberapa manfaat lainnya adalah baik bagi kecantikan.Seperti halnya yang di ungkapkan Bapak Mashudi. SE selaku ketua PSP SPN PT Ungaran Sari Garment yang sekaligus Ketua DPC SPN Kabupaten Semarang, “tujuan dari kegiatan ini adalah untuk kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan, dan di harapkan menjadi contoh bagi PSP – PSP lain yang ada di DPC Kabupaten Semarang untuk dapat melakukan  kegiatan serupa atau kepada PSP yang sudah melaksanakan dapat membuatkan laporannya ke DPC. Kegiatan yang sudah dilakukan  3 kali dalam setahun ini dan rencananya akan terus diberlanjutkan pada tahun yang akan datang.

Selain kegiatan – kegiatan di atas masih banyak lagi kegiatan yang berkaitan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia. Namun apapun jenis kegiatannya di harapkan dapat memaknai arti penting dari serangkaian kegiatan tersebut dan bagi peserta di harapkan semakin memahami apa itu AIDS, bahayanya, cara penularannya dan bagaimana cara pencegahannya. AIDS ( Acquired Immundeficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala atau infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat Virus HIV. Virus ini menyerang sel darah putih. Penyakit ini menular dengan berbagai cara di antaranya melalui hubungan seksual dengan penderita, lewat transfusi darah dari si penderita, melalui penggunaan jarum suntik dari bekas penderita HIV AIDS dan lain sebagainya. Namun penyakit ini dapat di cegah di antaranya dengan cara hidup sehat, tidak melakukan pergaulan bebas, dan menggunakan alat- alat medis yang steril.

Mari kita sama – sama mewaspadai dan memerangi penyakit HIV AIDS ini. Jangan mengasingkan penderitanya melainkan menjauhi penyakitnya. Semoga dengan memaknai peringatan HAS ini, kita dapat semakin peduli dengan penyebaran penyakit berbahaya ini dengan melakukan berbagai cara  kiat mencegah akan penularan Virus ini baik pada diri sendiri, keluarga dan masyarakat pada umumnya.

wulan jateng 4

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip