(SPN News) Tangerang, 24 Agustus 2017 DPC SPN Kota Tangerang bekerja sama dengan Rumah Sakit Melati mengadakan Penyuluhan tentang penyakit Diabetus Militus dan diselenggarakan di PT Indah Jaya. Ini merupakan program kerja dari DPC SPN Kota Tangerang, acara dibuka oleh bung Triyanto dan dilanjutkan sambutan dari bung Mansyur selaku ketua PSP SPN PT Indah Jaya yang mengatakan bahwa “semoga dengan acara ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kepada anggota agar mengetahui apa dan bagaimana penyakit diabetes melitus”. Kemudian dilanjutkan sambutan dari perwakilan perusahaan PT Indah Jaya yakni bapak Aceng yang menyampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.

Selanjutnya acara langsung dipandu oleh dr Rara dari Rumah Sakit Melati  yang memberikan pemahaman tentang apa itu diabetes. Diabetes adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh gagalnya atau tidak bisanya mengatur jumlah kadar gula darah dalam tubuh diatas normal. Diabetes dibagi dalam dua katagori yakni dari kecil atau keturunan dan pola hidup. Ciri ciri dari penyakit diabetes adalah seringnya kita merasa lapar dan haus, sering buang air kecil, dan berat badan menurun. Akibat dari penyakit diabetes adalah bisa terjadinya kerusakan pada ginjal, penyakit jantung jika luka dan terkena infeksi bisa diamputasi, stroke dan menyebabkan kebutaan.

Baca juga:  MAY DAY DARI MASA KE MASA (bagian 2)

Lebih jelasnya lagi dr Rara mengatakan waktu makan bagi penderita diabetes lebih baik dengan porsi kecil namun dibagi dalam beberapa waktu agar kadar gula darah stabil. Selain itu juga bisa melakukan diet ala diabetes yakni diet sehat, olahraga ringan, hindari stress, cek kadar gula darah dan konsumsi obat secara teratur serta menghindari terjadinya luka agar tidak diamputasi.

Aprilianti Banten 3 dari narasumber Surti Utaminingsih/Coed