Serang, November 2016

(SPN News) Serang, Pendidikan Organisasi Dasar adalah suatu pendidikan tentang  materi dasar yang  harus diketahui oleh semua anggota dalam berorganisasi khususnya di SPN. Dimana di dalamnya memuat tentang pengertian dari organisasi, tujuan dari berorganisasi, sifat dari organisasi SPN, Sumber dana organisasi (COS), sampai dengan afiliasi organisasi SPN.

Pengetahuan-pengetahuan tersebut harus dimiliki oleh seluruh anggota SPN, Oleh karena itu dalam upaya peningkatan pengetahuan anggota khususnya di PT Roda Mas Baja Intan, tim Fasilitator DPC SPN Kabupaten Serang  kembali  melaksanakan satu pendidikan yang dilaksanakan pada hari Sabtu 05 November 2016 bertempat di Madrasah Raudlatul Ulum Kampung Sumur Hejo Desa Leuwi Limus Kecamatan Cikande.  “Pendidikan Organisasi Dasar Serikat Pekerja Nasional PSP SPN PT Roda Mas Baja Intan” yang disampaikan oleh Bung Slamet dari PT Century yang merupakan salah satu tim Fasilitator DPC SPN Kabupaten Serang.

Acara ini diikuti oleh 20 orang peserta dan dihadiri pula oleh pengurus DPC SPN Kabupaten Serang yaitu saudari Sri Lestari selaku Bidang Pendidikan dan Latihan sekaligus supervisi PSP SPN PT RMBI, bung Suprihat selaku Bidang Advokasi juga sebagai  supervisi PSP SPN PT RMBI, serta saudari Mumun dan Anisa dari PT Nikomas Gemilang selaku Tim Fasilitator DPC SPN Kabupaten Serang.

Baca juga:  HANYA APINDO YANG TIDAK MENGINGINKAN UPAH KABUPATEN SERANG NAIK

Acara dimulai pada jam 13.30 WIB yang dibuka oleh saudari Kanah. Diawali dengan sambutan dari Ketua PSP – SPN PT Roda Mas Baja Intan Bung Lattif yang menyampaikan terima kasih kepada DPC SPN Kabupaten Serang khususnya tim Fasilitator yang sudah mendukung penuh terlaksananya Pendidikan di PT RMBI. Beliau mengakui bahwa baru sekali ini dilaksanakan POD karena dinamika organisasi yang cukup kompleks di internal PT RMBI. “ Namun saya berharap seluruh peserta dapat memaksimalkan acara pada siang hari ini dengan penuh semangat, dan semoga ilmu dari pendidikan ini bermanfaat untuk anggota, keluarga dan masyarakat pada umumnya” papar Bung Latif.

Acara kemudian langsung disampaikan oleh Trainer dengan perkenalan terlebih dahulu dengan membagi kertas untuk kemudian ditulis nama masing-masing dan ditempel di dada sebelah kanan. Dengan menggunakan metode diskusi pendidikan berjalan dengan aktif karena antusias dari peserta pendidikan yang luar biasa.

Materi selesai jam 15.45 WIB yang ditutup dengan sebuah film motivasi organisasi dimana suatu organisasi adalah memiliki tujuan yang sama, saling melengkapi dan melindungi dan yang pasti harus ada seorang pemimpin yang mampu mengarahkan organisasi menjadi lebih baik.

Baca juga:  BUDI MUDRIKAH TERPILIH KEMBALI MENJADI KETUA DPC SPN KOTA BOGOR PERIODE 2019 - 2024

Selanjutnya dilakukan evaluasi oleh saudari Sri selaku pembina Tim Fasilitator DPC SPN Kabupaten Serang, beliau memperkenalkan tim fasilitator terlebih dahulu dan menyampaikan bahwa salah satu fungsi dari Tim Fasilitator DPC SPN Kabupaten Serang adalah diproyeksikan untuk mengadakan kegiatan kegiatan khususnya pendidikan untuk anggota SPN di Kabupaten Serang. Beliau juga mengevaluasi masalah tempat dan peserta. Dari 35 anggota di PT RMBI ada 20 orang yang bisa hadir merupakan satu pencapaian yang baik.

Selanjutnya ada tambahan dari Bung Suprihat selaku supervisi dari PT RMBI. Beliau menyampaikan bahwa pendidikan yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam semoga ada yang bisa diambil hikmah dan ada yang di serap oleh peserta. Beliau juga menyampaikan bahwa sangat penting untuk berorganisasi dan yang lebih penting lagi adalah memilih organisasi buruh yang benar-benar diakui oleh pemerintah setempat. Suprihat juga menyampaikan kembali mengenai afiliasi SPN dari tingkatan PSP sampai ke tingkatan internasional dan pentingnya berafiliasi dalam berorganisasi.

 

Mumun/Coed