​Pentingnya SP/SB memiliki kemampuan dalam menyusun database secara baik dan benar

(SPN News) Semarang, bertempat di Hotel Ibis Semarang pada 3 – 5 Februari 2018 diselenggarakan pelatihan mengelola database bagi SPN/SB. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Serikat Pekerja dari Belgia ZV BPTK. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta perwakilan dari SPN, GSBI dan Garteks. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar setiap organisasi punya database anggota yang valid, meningkatkan kapasitas pengurus dalam menyusun database dan agar data tersebut sebagai bahan pertimbangan ketika melakukan advokasi terhadap anggotanya.

Pelatihan dibuka oleh Emilia Yanti Siahaan selaku perwakilan dari mitra IndustriALL. Turut memberi sambutan pembukaan adalah PC IndustriALL Darlina Simhombing yang menyampaikan “bahwa acara ini bertujuan agar setiap organisasi SP/SB yang ada di Indonesia mempunyai database yang akurat, terpercaya, aman , terkini dan mudah di akses dari satu pintu”.

Baca juga:  JALAN BERLIKU MEMBANGUN SPN DI KALTIM Bagian I

Sebagai narasumber adalah Rina Herawati dari salah satu lembaga penelitian perburuhan di DKI Jakarta. Dalam materinya disampaikan tentang latar belakang perlunya database, kemudian bagaimana cara atau metode membuat database dari survey sampai dengan pengolahan datanya. Kemudian praktek – praktek pelaksanaannya pembuatan data tersebut. Materi di sampaikan dalam 3 hari dan masing –masing organisasi membentuk tim untuk melakukan praktek materi.

Heri Yogyakarta 1/Editor