​(SPN News) Jakarta, pada tanggal 22-23 Februari 2017 Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Nasional (DPP SPN) mengadakan pelatihan “Terampil Bernegosiasi” yang bertempat di Kantor DPP SPN yang beralamat di Gedung ILP Center Lantai 4 Jalan Raya Pasar Minggu  No 39A Jakarta Selatan. Pelatihan ini diikuti oleh 17 orang pengurus dari 7 Pimpinan Serikat Pekerja Nasional (PSP SPN) di wilayah DKI Jakarta. Adapun yang menjadi narasumber adalah Wakil Ketua Bidang Advokasi DPP SPN bapak Djoko Heriyono, Wakil Ketua Bidang Organisasi bapak Sugianto dan Wakil Sekretaris Bidang bapak Zulkipli.

Pelatihan ini diselenggarakan atas dasar keprihatinan organisasi terhadap rendahnya peran dan fungsi Serikat Pekerja di tingkat pabrik dalam proses negosiasi untuk peningkatan kesejahteraan anggota dan keluarganya. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengurus pabrik yang lemah dalam proses negosiasi dengan pengusaha diantaranya negosiasi tentang upah minimum, PKB yang masih mengadopsi undang-undang, negosiasi tentang K3 dan lainnya. “Negosiasi adalah komunikasi dua pihak atau lebih yang dirancang untuk menghasilkan kesepakatan atas suatu hal yang menjadi kepentingan bersama. Negosiasi juga harus melibatkan diskusi, bujukan dan kompromi untuk mencapai kesepakatan” ujar Joko Hariyono selaku Fasilitator.

Walau Jakarta diguyur hujan setiap hari, pelatihan yang dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB ini diikuti dengan antusiasme dan konsistensi yang tinggi dari seluruh peserta hingga hari terakhir pelatihan. Dan rencana tindaklanjut yang disepakati, banyak peserta yang akan melaksanakan pelatihan di tempat kerjanya masing- masing dan berharap DPP SPN bisa melaksanakan didaerah- daerah lainnya. Rencananya DPP SPN akan melakukan pelatihan ini secara periodik. Bagi PSP-PSP  yang bersedia mengikuti dan ingin melaksanakan pelatihan tersendiri bisa menghubungi DPP SPN.

Shanto dari narasumber bapak Sugianto/Coed