Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan masyarakat mulai pesimis dengan ketersediaan lapangan kerja

(SPN News) Jakarta, Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil Survey Konsumen Bank Indonesia pada Juli 2019. Hasilnya, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juli 2019 tetap berada di level optimis (di atas 100) yaitu sebesar 124,8, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 126,4.

Optimisme konsumen yang tetap terjaga ditopang ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang membaik. Hal ini terindikasi oleh Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) yang meningkat, sejalan dengan tetap kuatnya ekspektasi konsumen terhadap kenaikan penghasilan ke depan.

“Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat melemah dari bulan sebelumnya, terutama dipengaruhi oleh menurunnya keyakinan konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja,” tulis laporan BI seperti dilansir dari Liputan6 beberapa waktu lalu.

Baca juga:  PEMILIHAN KETUA BARU PSP SPN KAWASAN INDUSTRI NIKOMAS GEMILANG

Pada Juli 2019, optimisme konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja menurun. Terindikasi dari indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang menurun dari 101,0 pada bulan sebelumnya menjadi 96,6 atau berada di level pesimis.Penurunan indeks terjadi pada sebagian besar kelompok pendidikan, terutama responden berpendidikan akademi sarjana. Dilihat berdasarkan usia, penurunan indeks terjadi pada hampir seluruh kategori usia, terutama responden berusia 31 – 40 tahun.

Hasil survei BI juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Januari 2020) diprakirakan meningkat. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 6 bulan mendatang sebesar 174,9, meningkat dari 170,3 pada bulan sebelumnya. Peningkatan itu disebabkan oleh tingginya permintaan pada awal tahun yang berdampak pada kenaikan harga barang.

Baca juga:  MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN dengan PENDIDIKAN untuk ANGGOTA

SN 09 dikutip dari berbagai sumber/Editor