(SPN News) Pekalongan, Masa bakti kepengurusan PSP SPN PT S DUPANTEX sudah selesai, dalam hal ini perlu diadakan pemilihan ketua baru yang demokratis secara langsung umum bebas dan rahasia. Dalam AD/ART organisasi SPN ini dinamakan konferta (konferensi Rapat anggota) ini bertujuan untuk melanjutkan roda organisasi agar tetap berjalan sesuai dengan aturan organisasi juga sebagai membangun regenerasi baru.

Pada 8 februari 2016 bertempat di hotel Sahid Mandarin Pekalongan PSP SPN PT S DUPANTEX menggelar Konferta untuk memilih Ketua dan Kepengurusan baru PSP SPN PT S DUPANTEX untuk masa periode 3 (tiga) tahun kedepan. Konferta ini dihadir oleh 100 perwakilan anggota SPN PT S DUPANTEX dari bagian weaving, folding, pemutihan, printing, utility, garment , juga dihadiri oleh ketua DPD SPN Jateng Bowo Leksono, DPC SPN Kota Pekalongan  M. Jumali ketua dan Edi Susilo Sekretaris serta Ketua DPC SPN kabupaten Pekalongan Ali Soleh dan Tabiin Sekretaris, juga perwakilan Pengurus PSP SPN sekabupaten Pekalongan.

Acara Konferta dimulai  jam 09.00  dengan diawali sambutan-sambutan. Adapun sambutan pertama disampaikan oleh Ketua DPC SPN Kabupaten Pekalongan Ali Soleh, dalam sambutannya beliau menyampaikan dengan adanya Konferta ini kami berharap PSP SPN PT S DUPANTEX dengan ketua baru yang terpilih nantinya lebih solid dalam membangun komunikasi dalam melayani anggota melalui pendidikan serta jaga kebersamaan dalam melakukan gerakan perjuangan,kuncinya pendidikan untuk anggota, agar bisa digerakkan.Serikat akan dipandang dan diperhitungkan oleh pemerintah dan pengusaha bila anggota bisa digerakkan. Dilanjutkan sambutan dari Ketua DPC Kota Pekalongan M Jumali menyampaikan ini suatu kehormatan bagi kami diundang untuk mengikuti Konferta ini, bahwa ini menandakan ada kebersamaan dalam keluarga SPN walau beda daerah untuk berkordinasi dan bersatu melakukan solidaritas dalam melakukan gerakan perjuangan maupun advokasi bersama terkait permasalahan perselisihan hubungan industrial ketenagakerjaan maupun yang lainnya. Bangun kembali kekuatan dua daerah dalam satu organisasi SPN untuk bersatu padu agar kuat dan punya posisi tawar.Perlu kordinasi kordinasi lanjutan agar terbangun terus bukan hanya sekedar pertemuan ini saja. Mungkin  ini sebagai awal untuk melakukan pergerakan yang dinamis dan cerdas dalam menyikapi setiap tantangan kedepan. Dilanjutkan sambutan dari Ketua DPD SPN Jateng  Bowo Leksono menyampaikan dengan Konferta ini yang mengambil tema menumbuh kembangkan rasa solidaritas dan profesionalisme anggota menuju buruh yang cerdas dan bermartabat, ini membuktikan existensi SPN PT S DUPANTEX yang sudah dibuktikan dengan gerakan gerakan bersama anggota dalam aksi  maupun kegiatan SPN yang lainnya. Kami berharap Ketua baru yang terpilih dalam konferta ini bisa  lebih baik dalam menjalankan organisasi yang sesuai dengan amanat anggota dan aturan organisasi SPN. Dan Konferta PSP SPN PT S DUPANTEX resmi dibuka oleh ketua DPD SPN Jateng Bowo Leksono. Dan dilanjutkan dengan doa bersama,acara pembukaan pun selesai.

Baca juga:  WASPADAI KENAIKAN HARGA SEMBAKO

Setelah acara pembuakaan Konferta dilanjutkan dengan pembahasan dan pengesahan jadwal acara dan pengesahan tata tertib yang dipimpin oleh ketua panitia masheri dan diputuskan dalam forum serta disepakati jadwal acara yang sudah dibagikan kesemua delegasi dilanjutkan dengan pemilihan pimpinan sidang sebelum dilakukan penyerahan ke pimpinan sidang, disitu dilakukan secara aklamasi dengan posisi kelompok yang disepakati dalam Konferta dan akhirnya terpilih pimpinan sidang Dharu Khutni ketua dan Suyono Sekretaris serta Agung Sudrajat wakil sekretaris. Setelah itu Panitia melakukan serah terima kepada pimpinan sidang terpilih untuk memimpin jalannya sidang selanjutnya.

Berikutnya adalah laporan pertanggungjawaban Pengurus lama SPN PT S DUPANTEX dan dibacakan oleh ketua Akhir Prasetyo dan didampingi jajaran pengurusnya.dalam laporan materi yang diberikan kepada semua delegasi dibahas satu persatu baik kekurangan dan kelebihan serta mengevaluasi program kerja yang dilakukan maupun yang belum dilakukan dalam periodenya sampai selesai serta dalam pandangan umumnya perlu dievaluasi dan menjadi prioritas untuk kedepan pembuatan PKB yang belum dilakukan yang disampaikan oleh perwakilan delegasi per bagian Weaving,Folding,Pemutihan,Utility,printing,garment agar ditindaklanjuti untuk ketua terbaru yang terpilih,dan akhirnya diputuskan dan disepakati serta diterima laporan pertanggungjawaban  Pengurus yang lama oleh semua delegasi yang hadir,serta diketok palu oleh pimpinan sidang Dharu Khutni ketua dan Suyono Sekretaris dibacakan pengesahanya dan ditanda tangani keputusanya sesuai materi yang diberikan ke semua Delegasi yang hadir,dan dilanjutkan pembentukan komisi komisi dan dibagi tiga kelompok.

Baca juga:  TAATI PERINTAH MENTERI KETENAGAKERJAAN, GUBERNUR BANTEN REKOMENDASIKAN UMK 2018 SESUAI PP 78/2015

Dilanjutkan dengan penetapan pengesahan calon ketua,dalam forum ini delegasi yang hadir mengusung 3 calon yang disepakati yaitu Akhir Prasetyo, Sunarto dan Sulman serta bersedia dicalonkan dan disampaikan ke Pimpinan Sidang Dharu Khutni ketua dan Suyono Sekretaris dan diputuskan dan dibacakan pengesahannya serta ditanda tangani. Sesi berikutnya langsung pemilihan dengan cara demokratis langsung bebas umum dan rahasia dan fasilitas yang disediakan oleh panitia,berdasarkan daftar hadir para delegasi dipanggil satu persatu untuk memberikan suara kepada 3 calon ketua yang disahkan pimpinan sidang.Jumlah suara yang disediakan panitia konferta 100 suara dan yang hadir ada 100 delegasi.setelah selesai pemungutan suara mulai penghitungan  sampai selesai dan yang mendapat suara terbanyak Akhir Prasetyo 84 Suara , Sunarto 5 suara , Sulman 8 Suara dan yang tidak sah 2 jadi total suara 99 suara ada sisa satu delegasi ijin pulang tidak mengikuti pemilihan.Dan akhirnya terpilihlah ketua baru  Akhir Prasetyo masa bakti 2016 -2019 dan komposisi pengurus yang dibentuk adalah :

Ketua                 : Akhir Prasetyo

Wk Ketua I       : Sulman

Wk Ketua II      : Sunarto

Wk Ketua III     : Timbul Suwanto

Wk ketua IV     : Agung Sudrajat

Wk Ketua V     : Supardi

Sekretaris        : Slamet Wasani

Wk Sek I          : Tozar

Wk Sek II         : Rapii

Wk Sek III        : Yudi Cahyono

Wk Sek IV        : Nur Kamilla

Wk sek V         : Ika Pramesti

Wk sek VI        : Nur Aviyah

Wk Sek VII       : Suyono

Wk Sek VIII      : Sapali

Wk Sek IX        : Johan

Wk Sek X         : Bambang Sis

Pengesahan komposisi pengurus disahkan  dan dibacakan keputusan  serta ditanda tangani oleh pimpinan sidang dan dilanjutkan dengan pelantikan oleh DPC SPN kab. Pekalongan Ali soleh sampai selesai dan dilanjutkan dengan memberikan ucapan selamat kepada pengurus baru yang terpilih dan sesi terakhir adalah doa penutup. Acarapun selesai dengan lancar dan aman kondusif sekian dan terima kasih.

 

Jateng 1 – Ibnu Mas’ud