Ilustrasi Gudang Bahan Baku

Sebanyak 10 perusahaan di Kabupaten Jepara mulai menurunkan kepasitas produksi hingga penghentian produksi sementara lantaran kesulitan mendapatkan bahan baku

(SPN News) Jepara, ada 10 perusahaan di Kabupaten Jepara mulai menurunkan kepasitas produksi hingga penghentian produksi sementara akibat kesulitan mendapatkan bahan baku.

”Ada yang menyatakan sudah kehabisan bahan baku, ada yang masih tapi stok menipis,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara, Eriza Rudi Yulianto, (30/3).

Dia mengungkapkan rata-rata perusahaan di Kabupaten Jepara menggunakan bahan baku impor untuk produksi. Namun akibat sejumlah negara melakukan lockdown, kegiatan impor bahan baku dihentikan.

Selain masalah bahan baku, pihak perusahaan juga kesulitan untuk penjualan hasil produksi. Bahan jadi dari Jepara diekspor ke sejumlah negara. Sebagaian negara tujuan, saat ini, mengambil kebijakan lock down. Sehingga tidak bisa melakukan pengiriman barang.

Baca juga:  SPN JAWA BARAT TOLAK REVISI UU NO 13/2003

”Dampak dari ini, beberapa perusahaan sudah memberlakukan sistem kerja sif dan meliburkan sebagian karyawannya. Bahkan ada yang sudah libur total untuk semenetara sesuai dengan kebijakan internal masing-masing perusahaan,” tuturnya.

SN 09/Editor