​Kegiatan di bulan November 2017 yang dapat dipublikasikan di spnnews, antara lain :

1. Rakornas Tentang Pengupahan Nasional.

DPP SPN bersama DPD SPN dan anggota Dewan Pengupahan Provinsi, Kabupaten/Kota dari SPN mencari solusi dengan trend penetapan upah minimum yang terjadi saat ini.

2. Menteri Dalam Negeri Pun Ikut Mengatur Ketenagakerjaan.

Surat Edaran Mendagri No 561/7721/SJ Tentang hasil evaluasi penetapan UMP tahun 2017 dan persiapan penetapan UMP 2018 “memerintahkan” kepada seluruh Gubernur untuk mengikuti PP No 78/2015.

3. Sudah Saatnya Indonesia Meratifikasi Konvensi ILO 183.

SPN bersama 10 Federasi SP/SB yang tergabung dalam IndustriALL dan organisasi masyarakat yang komitmen terhadap perlindungan perempuan, melakukan dialog publik bertajuk perlindungan maternitas untuk semua.

4. Anggota DPR RI Komisi IX Mendukung Cuti Melahirkan 14 Minggu.

Baca juga:  MENANTI KEPASTIAN

Penandatanganan dukungan dari 4 elemen penting yaitu DPR RI, Kementrian PPPA, Komnas Perempuan, dan AIMI agar Pemerintah segera meratifikasi konvensi ILO No 183 tentang perlindungan maternitas.

5. Badan Pekerja LKS Tripartit Nasional membahas Rekomendasi ILO Nomer 204 dan pembahasan kajian desk Pidana Perburuhan dengan Kepolisian.

Badan Pekerja LKS Tripartit Nasional melakukan pembahasan Rekomendasi ILO No 204 mengenai Transisi Ekonomi Pekerja Infornal ke Formal. Rekomendasi ini memberikan pedoman kepada Negara anggota dalam mengambil langkah – langkah yang diperlukan dalam proses transisi sektor informal ke sektor formal.

6. Mari Bung Rebut Kembali Upah Layak.

Buruh memperingati hari pahlawan dengan melakukan aksi unjuk rasa untuk menuntut upah layak dan isu ketenagakerjaan lainnya.

7. Sosialisasi Draft Perubahan AD/ART Di DKI Jakarta.

Baca juga:  PENGAMBILAN NOMER BAKAL CALON KETUA DPD SPN BANTEN

DPD SPN DKI Jakarta mengadakan sosialisasi draft perubahan AD/ART kepada DPC SPN dan PSP SPN se – DKI Jakarta.

8. Media Comunication Training IndustriALL.

Harapan Jurnalis buruh Indonesia agar SP/SB bisa berkampanye menyuarakan suara pekerja/buruh yang jarang disuarakan oleh media mainstream.

9. Training Pemimpin Muda SPN.

Mencetak pemimpin muda calon pemimpin SPN di masa depan.

10. Menaker Menganggap UMK Kabuapten Karawang Dan Bekasi Raya Terlalu Tinggi.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri akan mengevaluasi batas bawah (baseline) UMK Kota/Kabupaten Karawang dan Bekasi raya untuk tahun depan, lantaran nominalnya dianggap terlalu tinggi.

11. Mengenang Salah Satu Deklarator KSPI.

Drs H Matajit MM adalah salah satu deklarator KSPI yang telah wafat.

Shanto/Editor