​(SPN News) Tangerang 2 Agustus 2017, dihadiri perwakilan 12 PSP SPN se-Kabupaten Tangerang, program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Agus Achmad Muzayin, SH, MH, Wahyudi Siswanto, SH,MH, dan Narita Adityaningrum, SH, MH dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta Barat, hari ini mengadakan diskusi perburuhan di kantor Sekretariat DPC SPN Kabupaten Tangerang yang beralamat di Komplek Citra Raya Taman Puspita Blok I 16 No 17 kabupaten Tangerang.

Dalam diskusi selama dua jam, PKM FH Trisakti memaparkan tentang pentingnya keberadaan Serikat Pekerja di sebuah perusahaan untuk menjadi wadah payung hukum dalam penyelesaian hubungan industrial yang terjadi untuk setiap buruh. Dan Efektifitas Serikat Pekerja dalam penyusunan Perjanjian kerja Bersama (PKB) berjalan, setiap Pengurus/Perwakilan Anggota harus mempunyai Skala Prioritas, Penguasaan Materi atau Konsep serta Teknik dalam bernegosiasi.

Baca juga:  INDONESIA TEGASKAN BEBAS PEKERJA ANAK TAHUN 2022

“Dengan adanya SP yang sekarang ini, dengan tingkat pendidikan yang mulai agak jernih saya kira bagus. karena dengan SP itu, perusahaan tidak akan bisa macam-macam lagi”. Ungkap Agus Achmad Muzayin, SH, MH.

“Di era sekarang ini, orang sekarang dengan mudah menguasai peraturan, menguasai ketentuan, sehingga dengan adanya Serikat Pekerja (SP), perusahaan di paksa harus mampu berunding dan tidak memaksakan kehendak ketika ada peraturan perusahaan seenaknya”, lanjut Agus.

Hal yang sama diungkapkan Ardi Kurniawan, menurut hasil penelitian, bahwa Serikat Pekerja atau Berserikat itu adalah jawaban dari setiap persoalan yang ada di hubungan industrial. “artinya, apapun persoalannya ujungnya ya harus berserikat, karena tidak bisa bernegosiasi dengan kuat tanpa berserikat”, tegas Ketua DPC SPN Kabupaten Tangerang.

Baca juga:  ORGANIZER TRAINING

“Alhamdulillah bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk kedepan lebih baik lagi, untuk berhadapan dengan perusahaan dan kita belajar lebih leluasa lagi tentang pembuatan PKB dengan pihak perusahaan” harapan Robiah, Sekretaris PT MCA selaku peserta yang hadir mewakili PSP nya.

Menurut Mulyadi, Wakil Ketua II PSP SPN PT Sung Dong Il Plastik, pertemuan ini luar biasa bagus, kedepannya mengenai penyusunan dalam pembuatan PKB harus dipelajari. “kalau bisa seluruh perusahaan ada PKB karena sangat membantu” lanjut Mulyadi menambahkan.

Munir Banten 2/Coed