Manajemen Organisasi adalah suatu proses dari sebuah perencanaan dan pengorganisasian serta pengendalian terhadap sebuah sumber daya sebuah organisasi dengan maksud mencapai tujuan organisasi

(SPNEWS) Tangerang, Manajemen Organisasi adalah suatu proses dari sebuah perencanaan dan pengorganisasian serta pengendalian terhadap sebuah sumber daya sebuah organisasi dengan maksud mencapai tujuan organisasi. Guna mencapai tujuan tersebut, PSP SPN PT ACTEM mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Training Manajemen Organisasi pada (11/04/2021) di Kantin PT Acryl Textile Mills, Tangerang.

Selain menjadi program kerja hasil Rapat Kerja Anggota (Rakerta) PSP pada bulan Oktober 2020, terlaksananya agenda kali ini atas kinerja Ketua Bidang I dan seluruh tim yang sudah bisa melakukan training. “Mudah-mudahan di pendidikan hari ini, kita semua bisa belajar dan menambah wawasan. karena investasi yang paling mahal dan paling bisa dinikmati adalah pendidikan,” Kata Thohirudin, Wakil Ketua I PSP SPN PT ACTEM membuka sambutan diklat.

Hadir sebagai narasumber, Ketua Bidang Ekonomi dan usaha DPP SPN, Pramuji Hari Purnama menegaskan, jadi seorang Pemimpin itu jika sudah waktunya menjadi pemimpin, tidak ada yang bisa menghalangi, tidak ada hitungan matematikanya. Jadi takdir itu sudah terjadi dan tinggal dijalankan saja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Baca juga:  DUGAAN KORUPSI BPJS KETENAGAKERJAAN, KEJAGUNG PERIKSA ANGGOTA DEWAN PENGAWAS

“Ilmu yang saya pelajari, kemudian saya konsep dan share dengan beberapa ilmu yang mungkin sejenis, itu saya masukan ke hati. Jadi tadi karena disampaikan Ketua PSP SPN PT ACTEM, saya ini sudah pelaku langsung, mengikuti proses kepemimpinan, mengikuti proses manajemen organisasi kemudian kita juga yang merasakan.” Ungkap Pramuji memaparkan.

Lanjutnya, Hari Purnama menghimbau agar dalam sesi materi pembahasan, bisa langsung disampaikan apa saja yang akan ditanyakan, tidak perlu menunggu sesi tanya jawab supaya lebih efektif. “Karena anda lebih bagus penasaran sekarang tapi tunai, langkah berikutnya benar. Dari pada setengah hati, terus malu sendiri seiring bertambahnya usia ditandai uban dan kulit keriput ternyata narsis terus,” tambahnya.

“Dalam proses organisasi jangan berpikir seperti menjadi Malaikat, selalu merasa benar dan jika menjadi nomor 1 pengennya semua orang mengikuti, memimpin rapat harus semuanya setuju dengan apa yang disampaikan. Salah, kebanyakan orang ada di ranah ini. Sehingga tidak bisa maju.” Ungkap Ketua Bidang Ekonomi & Usaha DPP SPN menegaskan.

Baca juga:  DORONG PERUSAHAAN BAYAR THR, PEMERINTAH DISKON IURAN BPJS TK 90 PERSEN SELAMA 3 BULAN

Hari Purnama menambahkan, sebelum masuk ke dalam manajemen organisasi, ada yang dinamakan manajemen individu, dimana kita sebagai orang organisasi harus menyelesaikan manajemen diri sendiri, cara menghargai orang, cara berkomunikasi dan cara berbeda pendapat, serta cara mendukung pendapat yang bagus. Dan semuanya ada dalam manajemen individu.

Sehingga, di setiap tempat akan menjadi individu yang nyaman, nyaman untuk dirinya sendiri dan orang lain. Dirinya mencontohkan nyaman buat diri sendiri, jika mempunyai pemikiran dan sudah dilempar ke floor, ternyata pendapat kita tidak dipakai, maka tidak usah sakit hati. Tugas kita hanya menyampaikan pendapat, kalau sudah diambil secara musyawarah makan harus hormat dengan keputusan tersebut.

Berlanjut ke pemaparan Manjemen Organisasi, Pramuji menjelaskan bagaimana siklus perputaran manajerial organisasi bisa mencapai tujuan organisasi. Ada 5 siklus yang terus menerus berjalan, diantaranya Perencanaan, Pengorganisasian, Pendorongan atau Motivasi, Pelaporan serta Pengawasan sebagai kontrol rangkaian kegiatan dan evaluasi untuk melanjutkan perputaran siklus ditahapan selanjutnya.

SN 01/Editor