​(SPN News) Yogyakarta, 10 Mei 2017 bertempat di mess karyawan Medari Jalan Magelang km 14 Yogyakarta, Pabrik Cambrik Gabungan Koperasi Batik Indonesia (PC GKBI) melalui serikat pekerja nasional (SPN) bekerja sama dengan BPJS kesehatan Yogyakarta mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi karyawan perempuan dan istri karyawan, Kegiatan berupa deteksi dini kanker servik (pap smear), diikuti oleh sekitar 50 orang pekerja dan keluarga pekerja perusahaan yang bergerak di bidang industri garment tersebut. Acara ini di mulai pada pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Acara tersebut merupkan salah satu bentuk kerjasama antara PC GKBI dan BPJS Kesehatan selaku operator pelayanan kesehatan bagi masyarakat, selain juga merupakan salah satu program dari BPJS itu sendiri yang bekerjasama dengan salah satu klinik/laboratorium kesehatan di Yogyakarta. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai salah satu gerakan penyadaran bagi masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatan terutama untuk mengetahui lebih dini kemugkinan ada tidaknya kelainan atau ketidaknormalan pada leher rahim (serviks), sehingga jika dalam pemeriksaan ditemukan adanya ketidaknormalan maka akan di lakukan langkah selanjutnya.

Baca juga:  BANTUAN DPD SPN BANTEN UNTUK ANGGOTA YANG TERDAMPAK COVID - 19

Dari klinik/lab kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan tersebut akan datang ke perusahaan yang mengadakan kegiatan pemeriksaan tersebut apabila minimal ada 25 peserta yang ikut pemeriksaan, dan hal tersebut merupakan salah satu kemudahan bagi pekerja yang tetap masih bisa melaksanakan kegiatan/pekerjaan rutinnya tetapi juga tetap bisa memerikasakan kesehatan mereka.

Bagi peserta BPJS Kesehatan yang ingin melakukan pemeriksaan pap smear dan juga palpasi payudara ( deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks) pemeriksaan ini adalah gratis dari Parahita diagnostic center bagi peserta bpjs kesehatan dengan mendaftarkan diri dengan membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan juga kartu BPJS Kesehatan yang berlaku bagi masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga:  BAHAYA LIBERALISASI OUTSOURCING DALAM RUU CIPTA KERJA

Bagi pc gkbi perusahaan yang bergerak dibidang garmen dengan sekitar 900an karyawan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian perusahaan kepada karyawan dan juga anggota karyawan yang telah dengan kerja keras ikut membesarkan perusahaan tersebut.

Heri Yogyakarta/Coed