(SPN News) Yogyakarta, pada tanggal 5 November 2016 bertempat di Cupuwatu resto, Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pekerja Nasional (DPD SPN ) DIY menyelenggarakan pelatihan bagi anggota SPN khususnya perempuan dengan tajuk Women Membership Meeting. Dalam acara ini yang menjadi narasumber adalah dari DPP SPN. Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB tersebut ditujukan untuk menambah pengetahuan, wawasan serta pengalaman bagi anggota khususnya pekerja perempuan, di mana pekerja perempuan sampai saat banyak yang belum memperoleh hak yang sama,, hal ini bisa dilihat dari upah/gaji yang lebih sedikit dari pekerja laki-laki dengan jenis pekerjaan yang bisa di katakan hampir sama.

Acara yang di ikuti oleh sekitar 30 orang pekerja wanita yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional DIY tersebut di buka oleh Ketua Umum DPP SPN bapak Iwan Kusmawan, SH, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelatihan-pelatihan seperti ini sangat di perlukan bagi para pekerja, karena banyak hal atau ilmu yang bisa di dapat dari acara pelatihan seperti ini di antaranya adalah  pengetahuan tentang hak dan kewajiban seorang pekerja, selain itu juga menambah persaudaraan dengan teman-teman pekerja dari tempat lain.

Materi yang kedua disampaikan oleh Ketua bidang program DPP SPN ibu Darlina Sihombing, beliau menyampaikan materi tentang kesehatan bagi pekerja perempuan, jangan sampai seorang pekerja perempuan di suruh bekerja akan tetapi perusahaan tidak memperhatikan kesehatan pekerja dan pekerja sendiri lalai terhadap kesehatan diri serta lingkungan kerjanya.

Sedangkan materi yang ketiga disampaikan oleh Ketua Bidang Ekonomi DPP SPN sekaligus Ketua Komite Perempuan Nasional ibu Erlyna Subandijah. Beliau menyampaikan tentang apa, siapa dan dimana Komite Perempuan itu berada. Bahwa sesungguhnya Komite Perempuan itu merupakan organisasi khusus perempuan yang masih dalam lingkup atau cakupan SPN baik dari tingkat DPP maupun sampai DPD/DPC serta PSP, keberadaan komite perempuan itu harus sejalan dan seiring serta terkoordinir dengan organisasi SPN itu sendiri di berbagai tingkatan tanpa bisa di pisahkan keberadaannya. Dari komite perempuan daerah ini diharapkan lahir atau tumbuh pekerja – pekerja perempuan yang mempunyai kemampuan untuk bersaing di tingkat nasional.

Acara satu hari tersebut di tutup pada pukul 15.30 WIB oleh bung Abu Taukit selaku ketua DPD SPN DIY, beliau menyampaikan terima kasih kepada para peserta dari seluruh PSP SPN  di DIY yang semuanya bisa hadir dalam acara hari ini. Dan juga ucapan terima kasih di sampaikan kepada pengurus DPP SPN sebagai nara sumber dalam acara Women Membership Meeting hari ini.

 

Heri/Coed

Baca juga:  DENGAN MAJENAS KE - 1 BERSAMA MENGEMBANGKAN ORGANISASI