(SPN News) Serang, 10/8/2016 DPC Kabupaten serang melakukan training kepemimpinan untuk para pengurus dan Anggota perempuan se Kabupaten Serang pada 9 – 11 Agustus 2016 bertempat di Wisma Korpri Kabupaten Serang. Pelatihan ini bertujuan  rangka meningkatkan kapasitas pengurus dan anggota perempuan di Kabupaten Serang tentang hal-hal yang berkaitan dengan kepemimpinan Perempuan. Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta dari PSP-PSP SPN se Kabupaten Serang.

Acara ini dibuka oleh Asep Saefulloh selaku Ketua DPC SPN Kabupaten Serang. Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi yang disampaikan oleh beberapa fasilitator baik dari SPN maupun fasilitator dari luar. Selama pelatihan para peserta disuguhi dengan berbagai materi tentang berbagai hal diantaranya Efectif Leadership, Pemahaman Gender, Penyakit2 akibat pergaulan sex bebas, Undang-undang ketenagakerjaan, dan Keterwakilan Perempuan Dalam Kepemimpinan SPN, Rencana Program/kegiatan Komite Perempuan Nasional dan Daerah.  Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan method partisipatif dimana semua materi dilaksanakan dengan menaggapi opini atau pendapat peserta. Disetiap sela-sela sesi juga selalu diselingi dengan permainan-permainan yang berkaitan dengan materi-materi yang sudah dan akan disampaikan. Semua peserta antusias mengikuti pelatihan ini, menurut Erna salah satu Besco pelatihan ini sangat  “pelatihan ini sangat bagus dan bermanfaat, saya senang sekali mengikuti pelatihan ini” .

Pelatihan ini terlaksana berkat kegigihan dan Komite Perempuan Kabupaten Serang  yang terdiri dari Dewi Maryana, Intan Indira Dewi dan Kumalasari yang telah sukses meyakinkan DPC SPN Kab. Serang, betapa pentingnya pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam membangun SPN khususnya di Kabupaten Serang. Dewi, mengatakan “pelatihan-pelatihan semacam ini dapat terus dilakukan baik di Kabupaten Serang maupun daerah-daerah lainnya, mengingat mayoritas anggota SPN adalah perempuan”.  Beliau melanjutkan “bahwa sesungguhnya kalau perempuan dikasih kesempatan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, perempuan juga pasti mampu menjadi pemimpin”.

Pelatihan ini didukung penuh oleh jajaran kepengurusan DPC SPN Kabupaten Serang, itu terbukti pada hari pertama pelatihan semua pengurus DPC Kabupaten Serang hadir memberikan dukungan bahkan Ketua DPC Kabupaten Serang, dengan semangat memberikan motivasi kepada peserta walaupun sudah larut malam. Semoga pelatihan semacam itu bisa terus dilakukan, mengingat mayoritas anggota Serikat Pekerja SPN adalah perempuan.

KP Kabupaten Serang/edit.

Baca juga:  SIAPA BILANG PEREMPUAN TIDAK LAYAK JADI PEMIMPIN