Select Page

KALEIDOSKOP KEGIATAN SPN 2015

KALEIDOSKOP KEGIATAN SPN 2015

Pengantar

SERIKAT PEKERJA NASIONAL (SPN) Sebagai organisasi serikat pekerja yang besar tentunya dalam dinamika organisasi ditiap waktunya selalu ada perubahan, seiring dengan perkembangan jaman dan politik yang berkuasa dan mempengaruhi, kondisi ekonomi dan kepentingan bisnis yang ada di Indonesia saat itu.

Perubahan itu bentuknya adalah cenderung harus mengarah pada perbaikan yang mengacu kepada peningkatan kondisi sosial ekonomi dengan meningkatkan besaran upah dan kondisi kerja serta perlindungan terhadap pekerja itu sendiri.

Karena harus ada perubahan yang baik bagi organisasi dan anggotanya maka SPN bekerja keras melakukan upaya evaluasi dan membuat kebijakan organisasi sebagai amanat dari anggaran dasar dan anggaran rumah tangga SPN setiap satu tahun kedepan dalam forum Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) dan Rapat Majelis Nasional (MAJENAS)

Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) dan Rapat Majelis Nasional (MAJENAS) pertama dilakukan pada tanggal 24 – 26 Oktober 2014 di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur yang dihadiri oleh delegasi dan peninjau dari seluruh Indonesia,

Cikal bakal kaliedeskop SPN tahun 2015 adalah hasil Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) dan Rapat Majelis Nasional (MAJENAS) I tersebut yang kemudian ditindaklanjuti dengan adanya Instruksi, Peraturan Organisasi serta rapat kerja dan rapat kordinasi yang diselenggarakan secara nasional. Maka otomatis terjadilah kegitan-kegiatan, tentunya tidak semua kegiatan dapat terekam dalam kaliedeskop ini, karena masih ada ribuan kegiatan yang dilakukan oleh Anggota, PSP,  DPC dan DPD dimana tim contributor web SPN tidak dapat menjangkaunya. Akan tetapi bahwa bukti SPN adalah organisasi yang dinamis yaitu adanya kegitan-kegiatan dibawah ini:

 

Januari 2015

Menindaklanjuti hasil Majenas I dibulan Januari 2015 SPN, melakukan beberapa kegiatan sebagai implementasi hasil MAJENAS I antara lain rangka meningkatkan kapasitas kepemimpinan SPN DPP SPN melakunan: pelatihan Anggota dan Pengurus Perempuan, pelatihan lanjutan Tim Tanggap Bencana (TAGANA) sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat, Capacity Building/Kepemimpinan bagi para pimpinan SPN.

Workshop Nasional, dalam mencari masukan dari seluruh perangkat SPN terkait dengan akan dibuatnya beberapa peraturan organisasi (PO) antaralain PO tentang atribut, PO tentang Pengadaan Kantor Pusat SPN dan PO tentang Penertiban Iuran Anggota.

Penerbitan Peraturan Organisasi (PO) nomor: PO.001/DPP SPN/I/2015 tentang Pelaksanaan, Pendistribusian dan Penertiban Iuran Anggota, nomor: PO.002/DPP SPN/I/2015  tentang Pengadaan Kantor Pusat SPN dan nomor: PO.003/DPP SPN/I/2015  tentang Atribut Organisasi.

Untuk memperjuangkan kenaikan Upah tahun 2016 SPN telah mempersiapkan diri dan mengantisipsi dengan melakukan rencana gugatan terhadap perusahaan-perusahaan yang melakukan pelanggaran/ penangguhan, sebagai efek jera

Bahwa Pekerja perempuan SPN berperan aktif mengikuti aksi-aksi dalam memperjuangkan menuntut perbaikan hak-hak perempuan kepada kepada kebijakan pemerintah.

Untuk membuat KTA tidak hanya sebagai tanda pengenal SPN melakukan terobosan dengan pihak penyelenggara Asuransi guna memberikan Perlindungan bagi anggota SPN yang mengalami Kecelakaan di luar jam kerja.

 

Februari 2015

Sosialisasi dan Konsolidasi organisasi melalui kunjungan kerja kepada DPD dan DPC terkait dengan beberapa kebijakan yang dibuat dan diputuskan melalui Workshop, juga menghadiri Rakernas III KSPI sebagai bentuk peran aktif SPN sebagai afiliasi dari KSPI.

Peran aktif SPN dalam mengevaluasi dan mengawasi pelaksanaan Protokol Freedom of Asosiation (FOA) dan Better Work Indonesia (BWI)

 

Maret 2015

Aksi damai memperingati women day bundaran HI Bersama Komite Perempuan IndustriAll dan aksi solidaritas kepada serikat pekerja lain.

Dalam rangka menyambut hari buruh internasional (MayDay 2015) SPN melakukan langkah-langkah persiapan aksi nasional dengan mangadakan rapat konsolidasi dan kordinasi ditingkat pusat dan daerah.

 

April 2015

Diskusi Selasaan

Melakukan diskusi – diskusi untuk mengkritisi adanya draf Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pensiun dan revisi terhadap UU PPHI baik secara internal maupun bersama dengan seluruh afiliasi KSPI. Pelaksanaan program kerjasama dengan lembaga lain untuk meningkatkan jumlah keanggotaan SPN di Subang Jawa Barat melalui Program Organizer.

 

Mei 2015

May Day (2)

Bulan Mei adalah momen yang sangat penting bagi buruh diseluruh dunia karena pada tanggal 1 mei merupakan hari buruh internasional, SPN dalam memperingati hari Buruh International (MAY DAY) pada tanggal 1 Mei , melakukan aksi nasional dalam bentuk long march dari bundaran HI menuju istana Presiden RI bersama – sama dengan seluruh afiliasi KSPI kemudian di lanjutkan dengan mengikuti Mayday Fiesta di Gelora Bung Karno (GBK), Peringatan May Day juga dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dengan tujuan aksi ke kantor Pemerintahan (Gubernur , Bupati , Walikota) dan DPRD tingkat I dan II.

 

Juni 2015

Pelaksanaan Pelatihan Laskar Nasional di  Omah Tani Batang Jawa Tengah, sebagai bentuk implementasi dari hasil MAJENAS I dalam rangka keseriusan  SPN untuk pengamanan dalam aksi – aksi dan kegiatan SPN secara nasional dan Regional.

Aksi menolak pengesahan Peraturan Pemerintah tentang kecelakan kerja dan kematian, Peraturan Pemerintah tentang Pensiun, dan Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Hari Tua (JHT).

Melakukan Advokasi secara internasional atas perselisihan yang terjadi di PT. Myungsung melalui IndustriAll

 

Juli 2015

Aksi menuntut pencabutan atau revisi Peraturan Pemerintah tentang Pensiun, dan Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Hari Tua (JHT) sebagai kelanjutan dari aksi yang dilakukan pada bulan Mei dan Juni.

 

Agustus 2015

Meningkatkan kepampuan dan kapasitas pengurus SPN dari tingkat PSP sampai DPD, DPP SPN mengadakan Pelatihan capacity building untuk pengurus DPC dan DPD SPN Se- Jawa Tengah , D.I.Y , Jawa Timur.

Melakukan Cros chek data keanggotaan SPN kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk membuktikan Jumlah anggota Rill SPN sesuai hasil verifikasi yang diperoleh oleh DPC dan DPD, hal ini dilakukan karena ada perbedaan antara data yang dimiliki SPN dengan pihak kementrian tenagakerja.

Harapan SPN mempunyai media untuk mensosialisasikan keberadaan SPN, Kegiatan SPN  akhirnya tercapai, karena pada bulan Agustus 2015 WEBSITE SPN dengan alamat www.spn.or.id sudah dapat diakses oleh seluruh anggota SPN dan masyarakat luas.

 

September  2015

Pengetahuan terhadap perkembangan ketenaga kerjaan setiap waktunya selalu berubah dinamis mengikuti perkembangan dunia usaha dan politik yang berkuasa, regulasi yang dibuat oleh Pemeritahpun berubah-upah, maka agar para perangkat SPN tidak gamang DPP SPN mengadakan Diskusi rutin yang diselenggarakan setiap hari Selasa dengan narasumber tetap Ketua Bidang Advokasi dan dari para pakar ketenagakerjaan

Pemerintah mulai membuat Rancangan Peraturan Pemerintah untuk pengupahan sebagai antisipasi terhadap gelombang aksi yang dilakukan oleh serikat pekerja secara besar-besaran terhadap setiap kenaikan UMP/UMK setiap tahunnya, dari draft yang ada tenyata merugikan bagi pekerja, SP/SB pun berbondong bonding melakukan penolakan.

Aksi Menolak PP Pengupahan

SPN selain giat melakukan kajian dan analisa bersama seluruh perangkat juga melakukan Aksi Nasional  dalam bentuk long march dari patung kuda menuju Istana Presiden RI dengan tuntutan menolak  RPP pengupahan, aksi dilakukan bersama-sama dengan 3 Konferasi (KSPI, KSPSI dan KSBSI).

Tujuan dibuatnya website SPN adalah mensosialisasikan setiap bentuk kegiatan dalam bentuk berita yang disajikan untuk khalayak ramai dan tentu tidak mungkin ada berita kalau tidak mempunyai para penulis dan pengirim berita ke website SPN, melalui Bidang program DPP SPN mengadakan Pelatihan Kontributor Web SPN angkatan pertama untuk wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, diselenggarakan pada tanggal 12 dan 29 September tujuannya dari pelatihan tersebut adalah mencetak para penulis dan memberi kontribusi kepada website SPN dalam bentuk berita, foto, video dan artikel.

 

Oktober 2015

Sebagai serikat pekerja yang selalu memperjuangkan kesejahteraan bagi anggotanya, SPN terlibat melakukan Aksi peringatan hari Kerja Layak sedunia di Istana Negara tergabung dalam komite perempuan IndustriALL

aski 15 oktober

Ribuan buruh yang tergabung dalam massa aksi dari KSPI, KSPSI dan KASBI pada hari kamis tanggal 15 oktober 2015 melakukan aksi demonstrasi untuk menolak pengesahan RUU pengupahan. Ribuan buruh melakukan aksi long march dari monumen patung kuda menuju istana negara.

27 oktober

Disahkannya Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Pengupahan menjadi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015, Ribuan Buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional ( SPN) se-Jabodetabek bergerak menuju Istana Negara Jakarta menuntut PP tersebut segera di cabut.

30 September

Puluhan ribu buruh yang terdiri dari massa aksi KSPI, KSPSI AGN, KSPSI, KPBJ, FBLP, FSBTPI dan para simpatisan pada hari jumat tanggal 30 oktober 2015 melakukan aksi penolakan pemberlakuan PP no 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Omah Tani

DPP SPN mengadakan pelatihan Laskar Nasional tahap ke II sebagai kelanjutan dari pelatihan Laskar Nasional tahap I yang diselenggarakan di Omah Tani Batang Jawa Tengah.

 

November 2015

November

Tindaklanjut dari aksi pencabutan terhadap Peraturan Pemerintah tentang Pengupahan, SPN yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indonesia (GBI) terlibat aktif mengikuti rentetan agenda kegitan diskusi, seminar, workshop dan  aksi- aksi dari mulai aksi didaerah-daerah dilanjutkan dengan aksi long marc Bandung-Jakarta dan Lampung-Jakarta sampai puncak kegiatannya berupa aksi mogok nasional (MONAS) selama 4 hari dari tanggal 24 sampai tanggal 27 November

 

Desember 2015

Aksi-buruh-digedung-KPK-4

Setelah melakukan unjukrasa didepan gedung DPR RI masa bergerak ke Gedung KPK

Kpk Desember

Bertepatan dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia ( HAM ) sedunia.  Sekitar 10.000 orang massa aksi buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indonesia (GBI) melakukan aksi long march ke Istana Negara dan ke gedung Mahkamah Agung ( MA ) untuk mengajukan Judisial Review ( JR ) terhadap PP no 78 tahun 2015.

Desember

Website SPN setelah dibuat cenderung memuat berita kegiatan dari sekitar wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, sementara Keanggotaan SPN tersebar hingga 11 provinsi, maka dalam rangka memperluas cakupan berita di website SPN, DPP SPN mengadakan pelatihan contributor web SPN angkatan kedua yang diikuti peserta dari Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur, patut berbangga ternyata pada bulan Desember ini sudah banyak berita dari wilayah tersebut.
Demikianlah rangkaian kegiatan SPN sepanjang tahun 2015, dan semoga di tahun 2016 yang akan datang SPN akan dapat lebih mewarnai pergerakan Buruh di Indonesia.

Salam Satu Hati… Satu Tekad… Satu Tujuan… YES WE !

KONTRIBUSI KANTOR PUSAT

TOTAL DANA YANG TERKUMPUL

Rp.323.602.000

Untuk lebih detailnya klik.

Arsip